Minggu, 02 Sep 2018 13:02 WIB

Atlet Kalah, Perlukah Minta Maaf?

Annissa Widya Davita - detikHealth
Berllian Marsheilla minta maaf karena belum bisa membawa medali emas. Foto: Twitter Berllian Marsheilla minta maaf karena belum bisa membawa medali emas. Foto: Twitter
Jakarta - Bermain di ajang bergengsi Asian Games 2018 merupakan suatu kebanggaan bagi atlet manapun. Menang kalah merupakan hal yang lumrah terjadi dalam pertandingan, tapi tak jarang penyesalan datang menghampiri ketika hasilnya tidak sesuai target atau harapan.

Berllian Marsheilla salah satu pemain voli yang memperkuat kontingen Indonesia di Asian Games 2018 meminta maaf kepada masyarakat Indonesia melalui akun twitternya. Permintaan maaf tersebut menyiratkan penyesalan yang mendalam atas hasil yang dianggapnya belum sesuai harapan.

"MAAF kami blm bisa memberikan mendali untuk INDONESIA," tulisnya.



Psikolog klinis dari Personal Growth, Veronica Adesla, menyebut wajar karena meminta maaf itu umumnya kata-kata yang diucapkan ketika seseorang merasa bersalah atau menyesal.

"Tampaknya ada rasa kecewa terhadap diri sendiri dan rasa penyesalan karena merasa telah mengecewakan harapan banyak orang, dan perasaan bersalah karena gagal memberikan mendali untuk Indonesia," tuturnya, kepada detikHealth.

Dengan munculnya postingan tersebut, warganet turut merespons dengan memberikan dukungan bahwa Berllian sudah memberikan yang terbaik untuk Indonesia.

"Kita harus memahami bahwa perasaan seperti ini memang dapat dialami oleh atlet yang belum menang dalam suatu kompetisi," pesan Veronica.

Veronica mengimbau untuk terus memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada para atlet yang telah berjuang mengharumkan nama bangsa. Dukungan semacam itu lebih bermanfaat sebagai dorongan untuk lebih meningkatkan prestasi.




Saksikan juga video 'Tingkah Polah Atlet di Kala Waktu Luang':

[Gambas:Video 20detik]

Atlet Kalah, Perlukah Minta Maaf?
(Annissa Widya Davita/up)
News Feed