Minggu, 02 Sep 2018 15:00 WIB

Kulik Lebih Dalam tentang Tai Chi, Olahraga yang Jadi Favorit Jack Ma

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Tai chi, olahraga favorit Jack Ma pendiri Alibaba. Foto: Thinkstock Tai chi, olahraga favorit Jack Ma pendiri Alibaba. Foto: Thinkstock
Jakarta - Jack Ma, pendiri dari Alibaba dipastikan ikut penutupan Asian Games 2018. Disebut-sebut ia juga akan unjuk kebolehannya dalam melakukan Tai Chi.

Mengulik lebih dalam soal tai chi, ternyata belum banyak orang yang memahaminya dengan benar. Dikutip dari Live Science, tai chi merupakan teknik pertahanan diri dan kalistenik yang dikembangkan di Cina beberapa abad yang lalu sebagai pematangan dari beberapa latihan yang serupa.

Tai chi juga dikenal sebagai bentuk latihan yang lembut. Meski begitu, latihan tai chi bukan hanya aktivitas fisik, menurut Peter Wayne, asisten profesor kedokteran di Harvard Medical School dan direktur penelitian di Harvard's Osher Center for Integrative Medicine.



"(Tai chi) adalah latihan pikiran-tubuh yang mengintegrasikan lambat, gerakan lembut, pernapasan dan berbagai komponen kognitif, termasuk perhatian terfokus, citra dan multi-tasking," kata Wayne kepada Live Science.

Asal usulnya sendiri belum diketahui secara pasti, namun kemungkinan berevolusi dari bentuk-bentuk kuno seni bela diri Asia, seni penyembuhan, filsafat dan praktik spiritual.

Manfaat dari tai chi pun sudah sering diteliti termasuk di antaranya memberikan dampak positif pada keseimbangan, fleksibilitas, stamina, tekanan darah, kesehatan jantung umum, kesehatan mental dan gejala yang terkait dengan stroke, fibromyalgia, parkinson dan alzheimer.

Bahkan, sebuah studi 2012 yang diterbitkan dalam jurnal Disability and Health menemukan bahwa tai chi lebih efektif daripada fisioterapi tradisional untuk mencegah jatuh untuk pasien di rumah sakit lansia yang sebelumnya sudah mengalami cedera akibat jatuh.




Saksikan juga video 'Gerakan Indah Lindswell Kwok yang Meraih Emas Wushu':

[Gambas:Video 20detik]

Kulik Lebih Dalam tentang Tai Chi, Olahraga yang Jadi Favorit Jack Ma
(up/up)
News Feed