Selasa, 04 Sep 2018 14:45 WIB

8 Faktor Risiko yang Bisa Sebabkan Kadar Kolesterol Tinggi

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Apa saja sih faktor risiko dari kolesterol tinggi? Cek yuk! Foto: Thinkstock
Jakarta - Tingginya kadar kolesterol tidak menunjukkan gejala dan hanya bisa diketahui lewat tes darah. Apabila kadar kolesterol berada di atas 240 mg/dL, maka sudah termasuk kadar tinggi dan harus segera diturunkan sebelum menimbulkan komplikasi.

Jika tak segera diturunkan, kadar kolesterol yang tinggi baru bisa diketahui saat komplikasi tersebut timbul. Serangan jantung atau stroke merupakan dua penyakit utama yang sering terjadi akibat kadar kolesterol tinggi.


Kolesterol yang tinggi akan membentuk plak di dalam pembuluh darah dan arteri. Plak tersebut bisa mempersempitnya sehingga darah yang lewat akan makin sedikit dan bahkan bisa menyumbat sampai darah tak bisa mengalir.

Waspadai kadar kolesterolmu dan rutinlah mengeceknya selama 4-6 tahun sekali, terutama jika kamu memiliki faktor-faktor risiko berikut ini:

1. Punya diet yang buruk, seperti sering makan makanan olahan atau cepat saji yang mengandung banyak lemak jenuh dan lemak trans. Makanan tinggi kolesterol seperti daging merah dan produk susu tinggi lemak bisa meningkatkan kadar kolesterol totalmu.

2. Jika kamu obesitas atau memiliki indeks massa tubuh pada angka 30 atau lebih bisa berisiko tinggi kolesterol.

3. Lingkar pinggang yang lebar, yakni kurang lebih 102 sentimeter pada laki-laki atau 89 sentimenter pada wanita.

4. Kurang olahraga, karena olahraga bisa mendorong High-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol 'baik' dan menurunkan kolesterol 'jahat' sehingga tidak terlalu berbahaya.

5. Merokok menjadi faktor risiko terbesar karena dapat merusak dinding pembuluh darah dan membuat mereka lebih mungkin mengakumulasi deposit lemak. Merokok juga bisa menurunkan level kolesterol HDL atau kolesterol 'baik'.

6. Pada orang yang mengidap diabetes atau kadar gula darah yang tinggi biasanya juga memiliki kadar kolesterol yang tinggi, dan berisiko merusak dinding arteri.

7. Orang-orang yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi.

8. Ada riwayat keluarga terhadap penyakit jantung atau serangan jantung.




Saksikan juga video 'Bahaya Kolesterol yang Terlalu Tinggi':

[Gambas:Video 20detik]


8 Faktor Risiko yang Bisa Sebabkan Kadar Kolesterol Tinggi
(frp/up)