Selasa, 04 Sep 2018 17:10 WIB

Bikin Bangga! Pulang Kampung, Zohri Jadi Relawan Gempa Lombok

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Pulang kampung, Zohri membantu korban gempa Lombok. Foto: Instagram/herryftanjung Pulang kampung, Zohri membantu korban gempa Lombok. Foto: Instagram/herryftanjung
Jakarta - Lalu Muhammad Zohri bikin bangga usai menyumbangan medali perak bersama Eko Rimbawan, Bayu Kertanegara, dan Fadlin. Kini, ia bikin masyarakat terharu dengan memberikan bantuan langsung kepada para korban gempa Lombok.

Kabar ini tersebar lewat akun instagram @herryftanjung yang memberikan foto Zohri yang memakai rompi dari Palang Merah Indonesia (PMI).

"Demi membantu masyarakat yang terdampak #gempaLombok , Lalu Muhammad Zohri (Juara Dunia Junior Sprinter Indonesia) bergabung menjadi Sukarelawan," demikian tertulis di keterangan foto.

[Gambas:Instagram]


Tak hanya itu, Zohri juga membagikan video di akun Instagramnya sendiri dengan suara yang cukup bergetar.

"Saya Lalu Muhammad Zohri, atlet lari Indonesia bersama PMI membantu sesama demi kemanusiaan," ujarnya dalam cuplikan video.


[Gambas:Instagram]


Aksi Zohri yang turut serta membantu para korban gempa mendapatkan apresiasi dari pendukungnya. Komentar bernada positif mewarnai kolom komentar di Instagramnya.

"Mulia sekali kak Zohri, keep strong kak," kata salah satu penggemarnya.

"Salam kemanusiaan!" sahut yang lainnya.


Sebuah tinjauan di tahun 2013 dari 40 studi internasional menemukan bahwa menjadi sukarelawan dapat memperpanjang umur. Tak hanya itu, berbagi kebaikan juga bisa berdampak menyehatkan lainnya bagi tubuh.

Sonja Lyubomirsky, PhD, seorang profesor psikologi di University of California, Riverside menjelaskan, seperti dikutip dari Huffington Post, bahwa perbuatan baik juga memberikan dampak yang baik bagi kesehatan jiwa.

"Setiap tindakan memiliki efek kumulatif. Semakin banyak hal baik yang kamu lakukan, semakin banyak orang akan merespons secara positif terhadap dirimu, dan semakin baik pula perasaanmu," ungkapnya.

Jadi, enggak ada ruginya untuk meluangkan waktumu berbuat kebaikan bagi sesama. Sudah membantu orang lain hari ini?




Saksikan juga video 'Rumah Baru Lalu Zohri Lolos dari Amukan Gempa':

[Gambas:Video 20detik]

(ask/up)