Kamis, 06 Sep 2018 14:31 WIB

Terjawab Sudah! Rahim Hangat dan Ovarium Meledak Tidak Pernah Ada

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Momen Jonatan Christie buka baju usai merebut emas Asian Games 2018 (Foto: ANTARA FOTO/INASGOC/Puspa Perwitasari) Momen Jonatan Christie buka baju usai merebut emas Asian Games 2018 (Foto: ANTARA FOTO/INASGOC/Puspa Perwitasari)
Jakarta - Selebrasi buka baju yang dilakukan pemain bulu tangkis Jonatan Christie alias Jojo di Asian Games 2018 menghebohkan warganet. Berbagai istilah super absurd terkait organ reproduksi bermunculan, seperti rahim hangat dan ovarium meledak.

Pastinya, istilah-istilah tersebut hanya sebatas ekspresi kekaguman yang dilebih-lebihkan. Ketika seorang perempuan mengalami rangsang seksual, yang terjadi adalah peningkatan sirkulasi darah, termasuk ke organ-organ reproduksi seperti ovarium alias indung telur.

Tapi peningkatan sirkulasi darah juga tidak serta merta membuat rahim menghangat, apalagi sampai ovariumnya meledak. Temperatur rahim, menurut dokter kandungan hanya mengikuti suhu normal tubuh. Temperatur rahim menghangat jika memang suhu normal tubuh juga mengalami peningkatan.



"Sebenarnya, kedua istilah ini merupakan istilah awam saja," jelas dr Arie Adriyanus Polim, D.MAS,SpOG (K), ditemui di Atrium Mall Central Park, Jl S Parman, Jakarta Barat, Kamis (6/9/2018).



Terkait dengan ungkapan 'ovarium meledak', dr Arie menegaskan bahwa istilah tersebut tidak dikenal di dunia medis. Rangsang seksual sekuat apapun tidak akan memicu dampak seekstrem itu.

"Sel telur perempuan itu cukup kuat ya tentunya. Tidak pernah ada kejadian ovarium sampai meledak pada saat menerima rangsangan," tegasnya.

(up/up)