Jumat, 07 Sep 2018 08:37 WIB

Hati-Hati, Terlalu Gemuk atau Kurus Bikin Susah Hamil

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Hati-hati, wanita terlalu gemuk atau terlalu kurus bisa susah hamil. Foto: Thinkstock Hati-hati, wanita terlalu gemuk atau terlalu kurus bisa susah hamil. Foto: Thinkstock
Jakarta - Selain kondisi sel telur dan hormon pada wanita, berat badan juga merupakan faktor penting yang harus diperhatikan pada saat merencanakan kehamilan. Memiliki berat badan yang tidak ideal ternyata bisa mempengaruhi tingkat ketidaksuburan pada calon ibu.

Dokter spesialis kandungan Merry Amelya mengatakan bahwa perempuan yang terindikasi mengalami obesitas maupun terlalu kurus dapat menyebabkan gangguan pada tingkat kesuburan. Indeks massa tubuh bisa didapatkan dengan membandingkan berat badan dan tinggi badan. Berat badan normal dan ideal yaitu sekitar 18-25.

Perempuan yang terlalu gemuk atau mengalami obesitas, memiliki kadar lemak yang tinggi sehingga akan membuat sistem hormon menjadi tidak stabil yang dapat merusak sel telur karena memiliki terlalu banyak lemak. Selain itu, berat badan berlebihan mengakibatkan sistem reproduksi tidak bekerja dengan maksimal yang akan memicu ketidaksuburan.



Pada wanita yang terlalu kurus, hal ini akan mengganggu sirkulasi dari sel telur. Wanita dengan indeks massa tubuh kurang dari 18 rentan mengalami siklus haid yang tidak teratur dan menyebabkan sel telur menjadi tidak matang sehingga tidak dapat dibuahi oleh sperma.

Hormon yang baik bisa didapatkan dari indeks massa tubuh yang ideal. Dengan indeks massa tubuh yang baik, yaitu tidak terlalu gemuk atau terlalu kurus sel telur yang didapatkan akan baik sehingga siap dibuahi. Jadi, pastikan jaga pola makan seimbang dan olahraga yang teratur sebelum merencanakan kehamilan ya!



Saksikan juga video 'Cara Mengukur Berat Badan Ideal':

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)