Sabtu, 08 Sep 2018 12:10 WIB

Menghirup Aromaterapi Diklaim Bisa Membantu Mengatasi Kecanduan Rokok

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Wangi aroma terapi bisa memberikan efek relaksasi (Foto: Thinkstock) Wangi aroma terapi bisa memberikan efek relaksasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Tidak dapat dipungkiri bahwa merokok bisa memicu kecanduan. Untuk sebagian orang, merokok telah menjadi lifestyle yang sulit diubah. Namun, tidak sedikit orang yang merokok untuk menghilangkan rasa penat dan stres mereka.

Bagi sebagian besar pecandu rokok, berusaha untuk berhenti merupakan hal tersulit yang mereka lakukan. Banyak yang berhasil, namun banyak pula yang gagal. Pun ketika berhenti merokok, tidak dipungkiri bahwa terdapat efek yang ditimbulkan seperti sakit kepala, mual, hingga gangguan panik dan kecemasan yang berlebih.

Berbagai cara telah ditempuh untuk berhenti merokok, mulai dari mengunyah permen karet, mengonsumsi obat-obatan herbal, akupuntur, sampai melakukan meditasi. Tapi tahukah kamu bahwa menghirup aromaterapi juga mampu membantu mengurangi rasa ketergantungan pada rokok.

Penelitian oleh Rose and Behm (1994) menemukan bahwa aromaterapi tidak hanya membantu dalam mengatasi kecanduan nikotin, namun juga mampu mengobati gejala pada saat tubuhmu mencoba untuk berhenti merokok. Seperti mudah tersinggung, tidak sabaran, kecemasan, depresi, gelisah, kurang konsentrasi hingga susah tidur.



Studi menunjukkan bahwa beberapa varian minyak aromaterapi mampu meredam rasa candu akibat rokok. Seperti Black Pepper Oil, yang menjadi aromaterapi paling ampuh karena dapat menstimulisasi sistem pernapasan dengan cara yang sama ketika menghirup asap rokok.

Sebuah penelitian dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine menemukan bahwa dalam kelompok uji yang berisi 20 orang peserta, setelah menghirup Black Pepper Oil hasrat mereka untuk menghisap nikotin menjadi sangat berkurang.

Terdapat juga varian aromaterapi lain yang dapat kamu coba yaitu:

1. Lavender Oil dan Chamomile, mampu mengurangi rasa ngidam dan menurunkan tingkat kecemasan yang ditimbulkan terkait merokok.
2. Citrus Oil, mampu memberikan perasaan yang positif pada saat dihirup.
3. Ylang-Ylang Oil, mampu mengurangi tingkat stres dan kecemasan.

Lalu, bagaimana cara terbaik untuk mengaplikasikannnya? Minyak aromaterapi dapat langsung dihirup langsung dari botolnya maupun menggunakan tisu atau saputangan. Cara lainnya yakni disapukan pada tangan, lengan, dan leher atau tempatkan beberapa tetes minyak aromaterapi pada diffuser. Selamat mencoba!

(up/up)
News Feed