Rabu, 12 Sep 2018 17:23 WIB

Sering Menahan Kentut? Hati-Hati Terkena Penyakit Ini

Christantio Utama - detikHealth
Menahan kentut memiliki risiko terkena penyakit Divertikulitis. (Foto: thinkstock) Menahan kentut memiliki risiko terkena penyakit Divertikulitis. (Foto: thinkstock)
Jakarta - Pasti kamu pernah merasakan bagaimana rasanya menahan kentut ketika di tempat umum. Dan lebih memalukan lagi jika orang di sekitarmu mengetahui hal tersebut.

Dikutip dari ABC Australia, menahan kentut akan membentuk tekanan pada perut dan menyebabkan ketidaknyamanan pada tubuh kita. Menahannya terlalu lama justru akan membuat kentut menjadi lebih sakit.



Para peneliti memperkirakan kebiasaan menahan kentut terlalu sering dapat menyebabkan penyakit bernama divertikulitis. Divertikulitis adalah peradangan atau infeksi yang menyerang divertikula, kantung-kantung yang terbentuk di sepanjang saluran pencernaan terutama usus.

Jika sudah terkena penyakit tersebut beberapa gejala yang akan muncul antara lain adalah nyeri pada perut, sembelit, mual bahkan buang air besar berdarah.

Kentut adalah campuran udara yang kita telan melalui mulut dan bercampur dengan hasil dari proses pencernaan yang terjadi pada usus lalu keluar melalui lubang anus.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh US National Library of Medicine National Institutes of Health mengungkapkan umumnya orang yang sehat mengeluarkan kentut sebanyak 476 sampai 1.490 mililiter gas setiap harinya. Dimana setiap kali kentut mengeluarkan kira-kira 33 sampai 125 mililiter gas. Sudah berapa kali kamu menahan kentut hari ini?

(Christantio Utama/up)
News Feed