Minggu, 16 Sep 2018 13:55 WIB

Kesehatan Jiwa

Crazy Rich Bekasians! Obat Stres Terbaru di Medsos

Rosmha Widiyani - detikHealth
Salah satu lelucon Crazy Rich Bekasians (Foto: twitter) Salah satu lelucon Crazy Rich Bekasians (Foto: twitter)
Jakarta - Konyol, mungkin jadi kesan pertama menyimak cuitan di viral #CrazyRichBekasians. Tagar ini berlawanan dengan #CrazyRichSurabayan yang seolah mengejek kelakukan orang berduit di kota tersebut. Meski berbeda, keduanya sukses membuat warganet tertawa menghadapi hal sehari-hari.

Dua-duanya terinspirasi oleh film yang tengah ngehits belakangan ini, Crazy Rich Asians. Film yang mengisahkan jalinan kasih Nick Young dan Rachel Chu ini memang mengambil latar keluarga super kaya di Singapura.

Dikutip dari laman Psychology Today, psikolog Alex Lickerman mengatakan tertawa adalah senjata terkuat manusia. Ketawa membantu manusia menghadapi rasa takut, khawatir, stres, dan ketidakpastian. Hal yang sebetulnya serius dan berat menjadi lebih ringan, lucu, dan dapat teratasi. "Jangan remehkan kekuatan tertawa melawan rasa sedih dan menderita," katanya.





Dalam buku berjudul A Brief Tour of Human Consciousness, ilmuwan saraf V.S. Ramachandran mengatakan ketawa mengirim sinyal positif pada manusia. Sinyal tersebut menyatakan, situasi sebetulnya tidak seberat yang dipikirkan manusia. Ritme staccato saat tertawa mengisyaratkan untuk tidak membuang banyak waktu atau memikirkan sesuatu terlalu serius. Pada kenyataannya, sinyal yang dikiram saat tertawa adalah hal yang cenderung ingin dipercayai manusia

Dengan fakta tersebut, psikolog menggolongkan tertawa dalam mekanisme pertahanan tingkat lanjut. Hanya dengan kedewasaan emosi, seseorang bisa menghadapi stres tidak dengan tingkah yang merusak. Ketawa bukan berarti abai atau menganggap remeh, namun persiapan untuk bertahan menghadapi kondisi tertentu.

Tentunya, butuh waktu hingga seseorang bisa tertawa menghadapi situasi berat dan serius. Lelucon bertopik Bekasi bukan kali pertama muncul, dan sudah jadi hal biasa termasuk bagi warganya sendiri. Seiring waktu, kondisi mental menjadi lebih stabil sehingga mampu menghadapi berbagai situasi.



Simak Juga 'Crazy Rich Asians, Kaya Visual Kaya Emosi':

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)
News Feed