Senin, 17 Sep 2018 08:04 WIB

Nggak Cuma Enak Dilihat, Bunga-Bunga Ini Juga Enak Dimakan

Rosmha Widiyani - detikHealth
Halaman 1 dari 6
Bunga tak cuma indah dipandang, namun sedap dan sehat disantap! Foto: Istimewa
Jakarta - Masih ingat mantan aktris horor Suzanna? Semasa hidupnya, Suzanna terkenal dengan kebiasaannya makan melati. Makan bunga ternyata bermanfaat bagi tubuh, meski mengonsumsi melati terlihat menyeramkan.

Bunga, terutama yang berwarna gelap, kaya kandungan antioksidan yang mencegah masuknya radikal bebas. Bunga juga kaya beta karoten, vitamin A, C, D, dan E. Beberapa bunga mengandung pollen atau serbuk sari yang melemahkan serangan alergi saat dikonsumsi. Kandungan lain adalah serat yang ada hampir di semua bunga.


Konsumsi bunga tidak harus langsung dan mentah seperti yang dilakukan Suzanna. Dengan rasa manis, pahit, dan asin, bunga bisa menjadi penambah aroma masakan. Bunga juga bisa menjadi bahan tambahan kue, biskuit, atau muffin. Dalam bentuk umum, bunga biasa dihidangkan dalam bentuk teh atau punches.

Berikut beberapa bunga yang biasa dikonsumsi, dirangkum dari berbagai sumber. Sebelum mencoba, ada baiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter, ahli diet, atau koki untuk hasil terbaik.

(up/up)