Senin, 17 Sep 2018 13:00 WIB

Lagi Tren Ngetawain Orang Kaya, Untuk Kesehatan Jiwa Bagus Nggak Sih?

Annissa Widya Davita - detikHealth
Lelucon tentang perilaku orang kaya alias tajir sedang ramai di media sosial (Foto: Istimewa) Lelucon tentang perilaku orang kaya alias tajir sedang ramai di media sosial (Foto: Istimewa)
Jakarta - Sejak diputarnya film Crazy Rich Asian, beragam joke yang menertawakan perilaku orang kaya bertebaran di media sosial. Berbagai macam hashtag parodi seperti #CrazyRichSurabayans dan #CrazyRichBekasians menampilkan cerita-cerita unik seputar orang tajir.

Sebagian di antaranya hanya cerita rekaan, tetapi ada juga yang memotret kehidupan nyata. Adanya kesenjangan antara si kaya dan si tidak terlalu kaya membuatnya terdengar lucu dan menghibur bagi sebagian orang.

Psikolog klinis dari Personal Growth, Veronica Adesla, mengatakan humor yang sehat bisa membantu mengurangi stres. Menurutnya, sesekali dalam hidup perlu ada humor yang sehat agar kesehatan mental tetap terjaga.

"Saya pikir, orang-orang yang menjadikan topik yang lagi tren saat ini sebagai materi humor yang sehat itu adalah orang yang kreatif. Tidak semua orang bisa terpikir demikian," katanya kepada detikHealth, Senin (17/9/2018).



Namun ia mengingatkan, humor yang sehat seharusnya tidak mengandung unsur provokasi, SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan), diskriminasi, fitnah, hoax, dan perpecahan. Etika dalam membuat joke maupun saat menyebarkannya, perlu dijaga agar humor tersebut bisa dikategorikan sehat.

Di sisi lain, butuh sikap yang bijak dalam menyikapi humor di media sosial. Hati harus tetap tenang dan kepala harus dingin untuk membedakan humor yang sehat dan yang bukan, serta mengenali reaksi yang berlebihan maupun reaksi yang tepat ketika ada yang menyalagi etika.

"Bila audiens sudah yakin postingan tertentu menyalahi etika (merujuk pada UU ITE), laporkan saja ke Kominfo," saran Veronica.

Kalau menurut kamu, lelucon tentang gaya hidup orang kaya itu menghibur atau malah ngeselin sih? Tinggalkan komentar di bawah ini ya!




Saksikan juga video 'Hati-hati, Tertawa Terlalu Keras Bisa Sebabkan Kematian!':

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)
News Feed