Senin, 17 Sep 2018 15:42 WIB

Mat Solar Kena Stroke, Dokter Ingatkan Gejala yang Sering Terlewatkan

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Dokter ingatkan hal-hal yang perlu diwaspadai untuk pertanda stroke. Foto: Dok. Instagram
Jakarta - Aktor kawakan Mat Solar yang terkenal dalam serial 'Bajaj Bajuri' dikabarkan mengalami stroke. Baru-baru ini sebuah video di YouTube mempublikasikan pemeran tokoh Bajuri tersebut sedang menjalani terapi stroke di Bogor.

"Angkat, angkat (kakinya), ke mobil, ke mobil masuk. Yakinkan sendiri ya Allah saya mau bisa jalan. Jangan takut jatuh, jalan! Angkat kiri, kanan, angkat yang kiri, ayo," ucap sang terapis dalam video tersebut, seperti dikutip dari detikHOT.

Bicara soal stroke, orang sudah cukup kenal dengan pertanda FAST yang merupakan singkatan dari Face (lihat wajah apakah melorot atau miring), Arm (apakah lengan bisa diangkat), Speech (apakah bicaranya pelo, cadel atau susah berbicara) dan Time (waktu sangat berharga), harus dibawa ke rumah sakit. Namun ternyata ada hal lain yang jadi tanda stroke namun kerap terabaikan.



"Biasanya kesemutan, kalau membedakan dengan yang biasa dengan yang stroke ya biasanya itu dia tiba-tiba kesemutan. Di sebelah kiri atau kanan, nah itu mesti waspada. Satu sisi (kesemutannya)," dr Maizul Anwar, SpBTKV, dokter spesialis bedah thoraks kardiovaskular dari Siloam Hospital Kebon Jeruk.

Selain itu, gejala lainnya adalah ketika seseorang mengalami kesulitan dalam mengingat hal-hal yang baru saja ia lakukan beberapa detik sebelum mengalami stroke.

"Atau kehilangan ingatan beberapa detik karena suplai oksigen ke otak kurang, terus seperti geliengan. Itu juga harus diwaspadai juga," tandasnya.






Tonton juga 'Perjalanan Mat Solar: Teater, Sitkom, hingga Kena Stroke':

[Gambas:Video 20detik]

(ask/up)