Selasa, 18 Sep 2018 13:55 WIB

Mengenal Benzena, Zat Karsinogenik yang Didepak Iphone

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Mengenal zat benzena. Foto: Hasan Alhabshy Mengenal zat benzena. Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Informasi produksi Ipad yang bikin kanker leukemia sempat ramai hingga akhirnya Apple mendepak dua zat berbahaya tersebut. Ialah benzena dan n-hexsane yang jadi kedua zat yang diperkarakan sebagai penyebab kematian dari pekerja iPhone 6 yang terkena kanker darah leukemia.

Meski begitu, benzena sendiri adalah zat yang ada di sekitar kita. Salah satunya dalam styrofoam yang kerap jadi wadah makanan yang di jual.

"Iya kalau dalam jumlah besar (bisa bikin kanker). Salah satunya dalam styrofoam," kata dr Fielda Djuita, SpRad(K), Onk.Rad, spesialis radiasi onkologi saat dihubungi detikHealth.

Karena itu ia menyarankan untuk membeli makanan yang panas sebaiknya hindari pemakaian styrofoam, namun untuk makanan yang dingin tidak apa-apa. Untuk paparan benzena dari polusi, ia menyarankan untuk penggunaan masker. Nah kalau dari gadget?

"Iya (tidak dikhawatirkan), kecuali gadgetnya dibakar," kata dr Fielda.


Dilansir American Cancer Society, benzena adalah cairan yang tidak berwarna dan mudah terbakar dengan bau manis. Ini menguap dengan cepat ketika terkena udara. Benzena terbentuk dari proses alami, seperti gunung berapi dan kebakaran hutan, tetapi sebagian besar paparan benzena dihasilkan dari aktivitas manusia.

Ini digunakan terutama sebagai bahan awal dalam pembuatan bahan kimia lainnya, termasuk plastik, pelumas, karet, pewarna, detergen, obat-obatan, dan pestisida. Di masa lalu itu juga biasa digunakan sebagai pelarut industri (zat yang dapat melarutkan atau mengekstrak zat lain) dan sebagai aditif bensin, tetapi penggunaan ini telah sangat berkurang dalam beberapa dekade terakhir. Benzena juga merupakan bagian alami dari minyak mentah dan bensin, serta asap rokok. (ask/fds)
News Feed