Rabu, 19 Sep 2018 16:37 WIB

Selain Kece, Ini Manfaat Lain Pakai Kacamata 'Cengdem'

Christantio Utama - detikHealth
Kacamata hitam tak cuma kece tapi juga menangkal sinar ultraviolet (Foto: Getty Images) Kacamata hitam tak cuma kece tapi juga menangkal sinar ultraviolet (Foto: Getty Images)
Jakarta - Jika kamu adalah seseorang yang sering beraktivitas di luar ruangan tentu panasnya sinar matahari sudah menjadi risiko yang tidak bisa dihindarkan lagi. Tidak ada salahnya menggunakan kacamata 'cengdem' (seceng adem) alias kacamata hitam. Selain kece, juga bisa menangkal ultraviolet (UV).

Sinar matahari memang manusia butuhkan untuk tetap bisa bertahan hidup. Tapi kandungan sinar UV yang dipancarkan oleh matahari juga bisa berbahaya jika terpapar terlalu lama terutama di bagian mata.

Menanggapi hal tersebut dr Astrianda N. Suryono, SpM(K) dokter spesialis mata di RS Cipto Mangunkusumo mengungkapkan ada beberapa dampak yang bisa diakibatkan oleh sinar UV matahari terhadap mata.

"Permasalahan gangguan kesehatan mata yang ada pada masyarakat Indonesia cukup tinggi, di mana katarak menempati posisi tertinggi diikuti dengan gangguan refraksi gangguan retina dan abnormalitas kornea. Beberapa penyebabnya karena paparan sinar matahari yang berlebihan," tuturnya dalam diskusi kesehatan mata di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat, Rabu (19/9/2018).



"Salah satu penyebab katarak terjadi lebih cepat oleh seseorang adalah karena terpapar sinar UV dalam jangka waktu yang cukup lama," katanya.

Indeks paparan sinar UV di Indonesia sendiri telah mencapai pada tahap yang mengkhawatirkan karena sudah menyentuh angka 11. Di mana menurut WHO angka tersebut sudah masuk dalam kategori ekstrem.

Menurut dr Astrianda menggunakan kacamata dengan perlindungan sinar UV merupakan salah satu cara paling efektif untuk melindungi mata dari paparan sinar UV matahari dalam waktu yang lama.

(up/up)
News Feed