Jumat, 21 Sep 2018 13:05 WIB

4 Menit Tak Mendapat Pertolongan, Pingsan Mendadak Bisa Fatal!

Widiya Wiyanti - detikHealth
Pertolongan pertama pada korban tidak sadarkan diri. Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth Pertolongan pertama pada korban tidak sadarkan diri. Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth
Jakarta - Tidak perlu panik saat melihat orang yang tidak sadarkan diri, segera periksa apakah hanya pingsan biasa atau tidak sadarkan diri karena henti jantung dan napas.

Jika tidak sadarkan diri karena henti jantung dan napas, sebaiknya segera beri pertolongan pertama dengan melakukan kompresi dada.



Namun, menurut dokter spesialis okupasi, dr Raymos Hutapea, SpOK dari Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), waktu kritis orang yang tidak sadarkan diri hanya empat menit. Jika dalam empat menit tidak diberikan pertolongan pertama, maka peluang hidupnya tidak akan banyak.

"Jika tidak dilakukan pertolongan pertama, tidak dikasih bantuan, peluang hidupnya 0 persen. Kalau dikasih pertolongan pertama, peluang hidupnya bisa jadi 8 persen," jelasnya.



Dalam waktu empat menit tersebut, oksigen yang masuk ke dalam tubuh jelas berkurang. Maka sel-sel otak sudah pasti tidak mendapatkan oksigen yang menyebabkan kerusakan. Kerusakan otak akan dibarengi dengan kerusakan organ-organ lain.

Maka dari itu, memberikan pertolongan pertama sangat penting. Dan dr Raymos berharap semua orang tahu mengenai pengetahuan pertolongan pertama Bantuan Hidup Dasar (BHD).

"Semua orang harus bisa ini. Kalau ketemu orang pingsan, kita harus bertindak," tuturnya.



Saksikan juga video 'Jangan Panik! Begini Cara Tangani Orang Pingsan':

[Gambas:Video 20detik]

(wdw/up)
News Feed