Jumat, 21 Sep 2018 14:09 WIB

Sama-sama Bikin Putih, Apa Sih Bedanya Bleaching dan Veener Gigi?

Annissa Widya Davita - detikHealth
Efeknya yang sama-sama mencerahkan warna gigi, ternyata bleaching dan veener gigi memiliki fungsi yang berbeda lho. Foto: 20detik Efeknya yang sama-sama mencerahkan warna gigi, ternyata bleaching dan veener gigi memiliki fungsi yang berbeda lho. Foto: 20detik
Jakarta - Mengubah tampilan warna gigi nampaknya masih menjadi tren yang dilakukan oleh segelintir selebriti Indonesia, mulai dari memutihkan gigi atau disebut bleaching hingga mengubah bentuk gigi yang serupa dengan gigi kelinci yang disebut veener, seperti yang dilakukan Roy Kiyoshi.

Efeknya yang sama-sama mencerahkan warna gigi ternyata memiliki fungsi yang berbeda lho. Bleaching gigi merupakan perawatan yang melibatkan zat kimia hidrogen peroksida atau karbamid peroksida yang langsung diaplikasikan ke gigi.

Untuk veener sendiri, merupakan lapisan yang menutupi gigi asli dengan bahan kimia porselen atau komposit. Fungsi lain dari veener adalah meratakan permukaan gigi yang patah ataupun renggang.


"Kalau bleaching itu tujuannya coloring, yang tadinya kusam atau mati. Nah, kalau veener itu dilapisin giginya dan dikasih tambelan," tutur drg Hari Sunarko, SpPerio(K) kepada detikHealth, Jum'at (21/09/2018).

Veener gigi merupakan salah satu upaya untuk mendapatkan tren gigi kelinci. dr Hari menyampaikan bahwa proses pembentukan veener gigi dapat disesuaikan dengan selera yang diinginkan.

"Veener gigi bisa request sesuai selera, kalau mau bikin gigi kelinci tinggal sizenya aja yang di tambah, biasanya dibuat lebih panjang dari gigi asli," tambahnya.

Namun, hati-hati lho, jika kamu tidak bisa menjaga kebersihan mulut dengan baik, dr Hari menyarankan sebaiknya tidak melakukan bleaching ataupun veener gigi, karena risikonya bisa menyebabkan gigi berlubang, patah, hingga lepasnya lapisan veener-nya.

Jadi, apakah kamu tertarik mencobanya?




Saksikan juga video 'Gigi yang Sehat, Seperti Apa Ya?':

[Gambas:Video 20detik]

(Annissa Widya Davita/ask)
News Feed