Jumat, 21 Sep 2018 14:55 WIB

BPOM Sita Jamu Ilegal dan Obat Kuat Senilai Rp 15,7 M, Ini Daftarnya

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Beberapa obat tradisional ilegal disita BPOM. Foto: Pradita Utama Beberapa obat tradisional ilegal disita BPOM. Foto: Pradita Utama
Jakarta - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, melakukan pemeriksaan terhadap empat sarana distribusi ilegal di Jakarta Utara dan Jakarta Timur pada Rabu (19/9/2018) lalu usai mendapat laporan dari kecurigaan warga. Tim Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) BPOM kemudian menemukan 330 item (1.679.268 pcs) obat tradisional ilegal dan diduga mengandung bahan kimia obat dengan nilai keekonomian diperkirakan mencapai lebih dari 15,7 miliar rupiah.

Hingga akhirnya dalam pengembangan penelusuran, BPOM berhasil menemulkan 183 item obat tradisional ilegal di sebuah rumah tinggal di Jatinegara. Ditemukan pula satu mobil box yang diduga digunakan untuk mendistribusikan produk ilegal tersebut.


Keseluruhan barang bukti yang ditahan antara lain:

Jamu obat kuat laki-laki
Urat Madu
Tanduk Rusa
Spider
Cobra-X
Chang Sang

Jamu pegel linu:
Wantong Pegal Linu
Tawon Sakti
Tawon Liar

Jamu asam urat:
Assalam
Kapsul Asam Urat
Jaya Asli Anrat

Jamu pelangsing:
Lasmi
Arma


Adakah yang pernah kamu temukan di pasaran? Sebab menurut keterangan Penny K. Lukito, Kepala BPOM, beberapa produk ini ada yang dijual secara online.

"Yang berbahaya lagi, obat ini juga sudah dijual bebas di online. Jadi masyarakat harus terus waspada dan berhati-hati jangan sampai membeli produk yang tidak memiliki izin edar," imbaunya.






Tonton juga 'Kids Zaman Now Jangan Takut Minum Jamu!':

[Gambas:Video 20detik]

(ask/up)
News Feed