Jumat, 21 Sep 2018 17:00 WIB

Remaja Ini Alergi Air Matanya Sendiri, Kok Bisa?

Christantio Utama - detikHealth
Ilustrasi kulit alergi. Foto: iStock Ilustrasi kulit alergi. Foto: iStock
Jakarta - Menangis adalah sebuah hal yang wajar terjadi jika seseorang sedang merasa sedih atau sedang mengalami sakit yang luar biasa. Namun apa jadinya jika seseorang memiliki alergi terhadap air matanya sendiri?

Dikutip dari Daily Mail, remaja berumur 19 tahun bernama Lindsey Coubray mengalami kejadian tersebut, ia terkena alergi terhadap air matanya sendiri karena mengalami kondisi tertentu yang sangat jarang ditemukan di dunia bernama Aquagenic Urticaria.



Sampai sejauh ini hanya terdapat sekitar 50 kasus yang tercatat akibat kondisi terebut. Umumnya orang-orang dengan dengan alergi ini akan mengalami gatal-gatal begitu mereka bersentuhan langsung dengan air berapapun suhunya, menurut National Institutes of Health's Genetic and Rare Diseases Information Center (GARD). Ruam umumnya muncul di leher, tubuh bagian atas dan lengan, meski juga dapat muncul di bagian tubuh manapun.

Lindsey merasa sangat kesulitan untuk beraktivitas dengan normal setiap harinya, bahkan ketika sedang bersedih dan mengeluarkan air mata. Terkena sedikit dengan tetesan air ia akan mengalami sesak napas serta bersin-bersin yang memaksanya harus mengonsumsi obat Antihistamines.

"Setelah aku mandi, aku selalu bersin dan menutup seluruh tubuhku dari ujung kepala sampai ujung kaki karena timbul gatal-gatal pada tubuh," tutur Lindsey.

Dirinya menambahkan ketika ia lelah dan berkeringat harus mengalami gatal-gatal yang luar biasa. Dan bila musim panas tiba, Lindsey akan menghabiskan banyak waktunya berada di luar ruangan sebab hujan tidak akan datang.

(Christantio Utama/up)
News Feed