Sabtu, 22 Sep 2018 19:25 WIB

Urip Arpan Terkena Stroke, Ini Asupan Nutrisi Penting untuk Penderitanya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Urip Arpan. Foto: YouTube Urip Arpan. Foto: YouTube
Jakarta - Tak hanya Mat Solar, artis senior Urip Arpan juga terkena stroke. Dikutip dari detikHot, kabarnya artis yang terkenal karena wajahnya mirip Benyamin S ini sudah beberapa tahun sakit-sakitan.

Stroke merupakan penyakit berbahaya yang disebabkan oleh pecah pembuluh darah atau penyempitan pembuluh darah pada otak. Berdasarkan data dari Survey Kemenkes 2014, 21,1 persen kematian disebabkan oleh stroke dan menjadi penyebab kematian nomor satu di Indonesia.

Menurut dr Laurencia Ardi, praktisi kesehatan dan nutrisi, pasien stroke rentan mengalami disfagia atau kesulitan menelan yang menyebabkan malnutrisi.

"Stroke disebabkan karena adanya gangguan di otak seperti penyumbatan atau pendarahan. Nah karena adanya gangguan itu yang menyebabkan kelumpuhan otot menelan sehingga asupan nutrisi yang didapatkan menjadi sedikit," ujarnya saat ditemui detikHealth Sabtu, (22/9/2018).


Menurut dr Lauren, selain asupan karbohidrat, protein, lemak, dan mineral yang cukup, terdapat nutrisi khusus yang dibutuhkan oleh penderita stroke atau pasien dengan gangguan saraf lainnya.

"Ada nutrisi penting seperti kolin, fosfatidilserin, omega3, dan zinc yang bermanfaat bagi penderita stroke untuk memperbaiki membran sel saraf mereka yang telah rusak," tambahnya.

Kolin merupakan zat gizi esensial seperti vitamin B kompleks yang banyak terdapat pada telur, hati ayam, dan pisang. Fosfatidilserin merupakan asupan nutrisi yang terdapat pada kacang kedelai dan otak sapi.

Omega 3 bisa didapatkan dari berbagai jenis ikan dan sayuran hijau. Sedangkan makanan yang mengandung zinc bisa didapatkan dari kacang-kacangan, apel, jahe, dan wortel.

(Khadijah Nur Azizah/up)
News Feed