Selasa, 25 Sep 2018 09:53 WIB

Agar Cepat Sembuh, Lakukan Ini Saat Flu Menyerang

Nabilla Nufianty Putri - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Setiap orang pasti pernah terkena flu karena penyakit ini tidak mengenal usia dan musim. Walaupun penyakit ini sering dianggap sepele, flu bisa menganggu aktivitas sehari-hari karena sering kali tubuh menjadi lesu dan sakit kepala ikut menyerang. Belum lagi bersin yang terus-terusan dikeluarkan juga bisa mengganggu orang sekitar.

Medical Manager PT Kalbe Farma, dr. Helmin Agustina Silalahi, memberikan beberapa saran mengenai hal-hal yang sebaiknya dilakukan ketika flu menyerang agar cepat sembuh. Pertama, istirahat di rumah agar virus tidak menyebar.



Kedua, perbanyak minum air putih karena akan membantu mengencerkan dahak sehingga mudah dikeluarkan. Minum air putih juga akan menjaga termoregulasi sehingga membantu menurunkan suhu tubuh.

"Fungsi air saat flu akan membantu mengatasi gejala flu sehingga akan membantu proses penyembuhan," ujar dr. Helmin kepada detikHealth, Selasa (25/9/2018).

Ketiga, konsumsi makanan berkuah seperti sup dan minuman hangat agar sistem pernapasan terbantu terhidrasi dan mucus (ingus) mudah keluar.

Menurut dr. Helmin, sup dan air hangat mengandung banyak cairan dan mineral sehingga mekanismenya sama seperti air. Sup kaya akan nutrisi dari daging ataupun sayuran yang ada di dalamnya sehingga membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat pemulihan.



Sementara jika hidung terasa mampet, atasi dengan menghirup uap dari air panas. Uap panas, jelas dr. Helmin, dapat membantu melonggarkan ikatan mucus (ingus) sehingga menjadi encer dan mudah dikeluarkan.

dr. Helmin juga menyarankan untuk menyisihkan mucus karena merupakan sarang penyakit. Penanganannya adalah dengan menekan produksi mucus dengan memberikan pengobatan sesuai gejala dan memudahkan pengeluaran mucus dengan meningkatkan asupan cairan dan pemberian obat simptomatik yang sesuai.

Misalnya dengan mengonsumsi Procold Flu yang bisa meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, dan bersin-bersin. Kandungannya dibuat lebih aman dengan dosis yang pas dan efektif untuk mengatasi flu.



Saksikan juga video 'Lagi Flu? Perbanyak Makan Dark Chocolate':

[Gambas:Video 20detik]

(mul/ega)
flu
News Feed