Selasa, 25 Sep 2018 15:30 WIB

Dikaitkan dengan Al Ghazali, Samakah EMM dan Stevens Johnson Syndrome?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Al Ghazali disebut mengidap Erythema Multiforme Major (EMM) (Foto: Palevi S/detikHOT) Al Ghazali disebut mengidap Erythema Multiforme Major (EMM) (Foto: Palevi S/detikHOT)
Jakarta - Dua jenis penyakit langka dikait-kaitkan dengan Al Ghazali, putra sulung musisi Ahmad Dhani dan Maia Estianty. Erythema Multiforme Major (EMM) dan Stevens Johnson Syndrome (SJS), samakah keduannya?

Ada beberapa pendapat soal itu. Dikutip dari Sciencedirect, SJS pernah dianggap sebagai varian ekstrem dari Erythema Multiforme dan disamakan dengan EMM. Erythema Multiforme sendiri ada dua jenis berdasarkan keparahannya, yakni mayor dan minor.

Namun penggolongan terbaru menempatkan SJS dan EMM dalam kelompok yang berbeda. SJS dan toxic epidermal necrolysis (TEN) merupakan kondisi yang berbeda dengan Erythema Multiforme Minor dan Erythema Multiforme Minor (EMM).



Meski demikian, keduanya sama-sama ditandai dengan gejala yang hampir sama yakni kulit mengelupas. Penyebabnya juga sama-sama dikaitkan dengan reaksi terhadap infeksi maupun obat tertentu. Medscape menyebut infeksi Herpes Simplex Virus (HSV) merupakan penyebab utama EMM.

"Ya sebenernya dia pergi dalam kondisi tidak sehat, dia lagi sakit, sakitnya itu alergi obat. Saya selalu bilang sama Al untuk fokus sama penyakit itu karena penyakit itu kalau tidak di perhatikan bisa menjurus kepada yang namanya Steven Johnson Syndrome," sebut Dhani soal penyakit Al, beberapa waktu lalu, seperti dikutip dari detikHot.

Kepada wartawan, Dhani menjelaskan bahwa dirinya juga mengiodap EMM seperti halnya Al. Bedanya, EMM yang dideritanya hanya menyerang kelamin sedangkan Al mengalaminya juga di bibir.

(up/fds)
News Feed