Rabu, 26 Sep 2018 06:31 WIB

Benjolan Biasa Vs Gejala Kanker Payudara, Begini Bedainnya

Annissa Widya Davita - detikHealth
Tidak semua benjolan merupakan gejala kanker payudara (Foto: thinkstock) Tidak semua benjolan merupakan gejala kanker payudara (Foto: thinkstock)
Topik Hangat Bulan Kanker Payudara
Jakarta - Salah satu gejala awal kanker payudara adalah benjolan. Karenanya, banyak perempuan langsung panik ketika menemukan benjolan di sekitar ketiak. Apakah sudah pasti kanker?

Belum tentu. Menurut ahli bedah kanker dr Rachmawati, Sp.B(K)Onk, benjolan yang merupakan pertanda kanker bisa dibedakan dari benjolan biasa yang tidak mengkhawatirkan. Salah satunya dengan cara diraba, apakah terasa nyeri atau tidak.

"Kalau benjolan di ketiaknya sakit itu hormonal saja, bisa dipicu dari kelelahan atau banyak pikiran," jelas dr Rachma.



Namun dr Rachma menyarankan, tidak ada salahnya untuk segera periksa bila menemukan benjolan yang dirasa tidak sewajarnya. Kalaupun ternyata bukan kanker, ya nggak apa-apa. Sedangkan kalau ternyata kanker, maka ada baiknya terdeteksi sejak dini.

Anjuran untuk sesegera mungkin memeriksakan diri justru diberikan ketika benjolan itu tidak terasa sakit saat diraba atau ditekan. Menurut dr Rachma, bisa jadi benjolan tersebut adalah kanker.

"Gejala kanker payudara seperti benjolan di payudara ataupun ketiak, tidak menimbulkan rasa sakit sama sekali," jelas dr Rachma.

Simak Juga 'Cerita Aryanthi Baramuli, Survivor Kanker Payudara':

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)
Topik Hangat Bulan Kanker Payudara