Rabu, 26 Sep 2018 17:37 WIB

Kenali 4 Tipe Luka Utama Akibat Sengatan Listrik

Firdaus Anwar - detikHealth
Halaman 1 dari 5
Kakak penyanyi Syahrini meninggal setelah tersengat listrik. (Foto: Dok. Instagram/syh55) Kakak penyanyi Syahrini meninggal setelah tersengat listrik. (Foto: Dok. Instagram/syh55)
Jakarta - Kakak kandung dari penyanyi Syahrini, Ridwan Zaelani, meninggal dunia setelah dirinya tersetrum pada Selasa (25/9) pukul 17.30 WIB. Saat itu bak mobil tronton yang sedang dicucinya tidak sengaja menyentuh arus listrik tegangan tinggi.

Ridwan pun dilaporkan meninggal di tempat dengan hasil visum menunjukkan tubuh penuh oleh luka bakar. Menurut dr Wisnu Pramudito D. Pusponegoro, Sp.B, dari Perhimpunan Dokter Emergency Indonesia aliran listrik bolak-balik (AC) seperti yang ada di tiang listrik merusak karena sifatnya menjalar ke seluruh tubuh.

"Pada AC kerusakannya bisa seluruh tubuh yg dijalari oleh listrik, dan bisa mengganggu aliran listrik jantung," kata dr Wisnu pada detikHealth.

Dikutip dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) saat seseorang tersengat listrik pada umumnya ada empat jenis luka yang bisa terjadi. Mulai dari yang ringan hingga berat berikut penjelasannya:

(fds/up)
News Feed