Jumat, 05 Okt 2018 16:56 WIB

Pantangan dan Anjuran Soal Makan untuk Pengidap Kanker Prostat

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ada makanan yang dianjurkan dan dipantang untuk pengidap kanker prostat. Foto: iStock Ada makanan yang dianjurkan dan dipantang untuk pengidap kanker prostat. Foto: iStock
Jakarta - Aktor senior Rudy Wowor telah berjuang melawan kanker prostat yang diidapnya sejak tahun 2010. Perjuangannya berakhir, Rudy akhirnya tutup usia pada usia 74 tahun.

Berbicara mengenai penyakit yang menyebabkan kematian nomor dua di dunia bagi pria ini, ternyata ada makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi bagi pengidapnya lho.

Dikuti dari Medical News Today, ini daftar makanan yang boleh dan tidak boleh dimakan pasien kanker prostat.



- Makanan yang seharusnya dikonsumsi

1. Salmon

Ikan salmon kaya akan lemak sehat yang mengandung asam lemak omega-3. Ini bisa membantu mencegah dan mengurangi peradangan dalam tubuh. Selain salmon, ikan air dingin lainnya seperti ikan sarden dan trout juga bagus untuk pasien kanker prostat.

2. Tomat

Tomat mengandung likopen dan antioksidan yang bermanfaat untuk pengidap kanker prostat. Bisa dibuat sup atau jus, rasanya pun sangat enak.

3. Buah beri

Stroberi, blueberry, raspberry, ataupun blackberry adalah sumber antioksidan yang sangat baik untuk membantu menghilangkan radikan bebas di dalam tubuh. Radikal bebas adalah produk dari reaksi tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan dari waktu ke waktu.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sangat tinggi akan seng dan sedikit mineral. Seng sangat membantu menyeimbangkan hormon testosteron dan dihydrotestosterone (DHT) pada pasien kanker prostat.

5. Jeruk

Jeruk mengandung vitamin C yang tinggi dan dapat membantu melindungi kelenjar prostat. Selain jeruk, lemon, limau, grapefruit juga bisa mewakali.



- Makanan yang dipantang

1. Daging merah

Penelitian menunjukkan bahwa daging merah dapat menurunkan kesehatan pengidap kanker prostat. Mengonsumsinya setiap hari diyakini dapat berisiko memperparah kanker prostat sebesar tiga kali lipat.

2. Susu

Sama dengan daging, mengonsumsi produk susu secara teratur dikaitkan dengan peningkatan risiko pembesaran prostat. Mengurangi mentega, keju, dan susu bisa membantu mengurangi gejala pembesaran prostat tersebut.

3. Kafein

Sebaiknya dihindari mengonsumsi produk yang mengandung kafein, seperti kopi dan teh. Kafein bertindak sebagai diuretik yang dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil.

4. Alkohol

Kafein saja tidak boleh apalagi alkohol. Alkohol dapat menstimulasi produksi urin. Pria dengan pembesaran prostat akan membaik jika berhenti minum alkohol.

5. Sodium

Asupan garam yang tinggi dapat meningkatkan gejala saluran kemih yang berkaitan dengan pembesaran prostat. Sebaiknya, kurangi asupan sodium dengan tidak berlebihan mengonsumsi garam.

(wdw/up)
News Feed