Jumat, 05 Okt 2018 18:45 WIB

Ukuran Payudara Pengaruhi Risiko Kanker, Mitos atau Fakta?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Siapa bilang payudara kecil lebih aman dari kanker? Semua berisiko, apapun ukurannya (Foto: thinkstock) Siapa bilang payudara kecil lebih aman dari kanker? Semua berisiko, apapun ukurannya (Foto: thinkstock)
Jakarta - Banyak mitos soal kanker payudara bermunculan. Salah satunya bahwa ukuran payudara berpengaruh pada risiko terkena kanker. Disebutkan bahwa apabila wanita memiliki bentuk dan ukuran tertentu, maka risiko kanker payudara meningkat. Benarkah?

Breast cancer survivor (penyintas) dari Love Pink Indonesia sekaligus tenaga kesehatan Agustina Hadianti, mengatakan bahwa ukuran payudara tertentu tidak memunculkan risiko kanker payudara.

"Kalau untuk ukuran, semuanya berpotensi. Mau ukurannya 32 atau 34 sama-sama berisiko. Laki-laki juga yang payudaranya enggak menonjol punya risiko yang sama," ujarnya saat ditemui di daerah Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (5/10/2018).



Titin, sapaannya, mengatakan bahwa sampai saat ini, faktor penyebab kanker payudara belum diketahui dengan pasti. Namun terdapat beberapa faktor yang akan meningkatkan risiko kanker payudara seperti konsumsi alkohol, kebiasaan merokok, jarang olahraga, serta berbagai aktivitas tidak sehat lainnya.

"Karena penyebab kanker payudara masih belum jelas, maka kita harus melakukan tindakan pencegahan seperti SADARI (Periksa Payudara Sendiri) dan usahakan menjaga pola hidup sehat," tambahnya.

Saat ini, banyak wanita yang juga berprofesi sebagai karyawan yang bekerja di luar rumah. Tingkat stres dari pekerjaan juga dapat memicu kanker yang tentunya akan berdampak pada produktivitas.

"Kanker juga bisa muncul akibat stres dan kelelahan, kalau tubuh tidak dijaga penyakit apapun bisa kena," tutupnya.

(up/up)
News Feed