Senin, 08 Okt 2018 13:55 WIB

Pecinta Ayam, Pastikan Ciri-ciri Ini Agar Terhindar dari Penyakit

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi daging ayam yang baik. Foto: iStock Ilustrasi daging ayam yang baik. Foto: iStock
Jakarta - Daging ayam banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia sebagai sumber protein hewani. Mulai dari anak hingga dewasa suka mengonsumsi daging ayam. Pilihan penyajiannya pun terbilang mudah dan bisa bervariasi, bisa digoreng, dibakar, atau direbus.

Tapi kalian perlu tahu ciri ayam yang baik untuk dikonsumsi agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Berikut ciri daging ayam yang laik konsumsi menurut Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan (KPKP) DKI Jakarta, Sri Hartati:

- Warna daging putih (white meat) dan cerah
- Permukaan daging lembab dan tidak lengket
- Bagian otot dada dan otot paha kenyal
- Bau tidak menyimpang.



Tati, sapaannya, mengatakan bahwa selama ini masyarakat khususnya ibu-ibu yang membeli ayam menganggap bahwa daging yang berwarna merah adalah ciri ayam yang sehat. Namun ternyata, ayam yang baik apabila dagingnya berwarna putih.

"Kalau dagingnya berwarna merah itu berarti cara pemotongannya kurang bagus yang mengakibatkan bakteri mudah masuk ke daging ayam," ujarnya.


Ayam ASUH, Kiat Pemprov DKI Jakarta Cegah Flu Burung, tonton videonya di sini:

[Gambas:Video 20detik]



Lebih lanjut, Tati menambahkan untuk sebaiknya membeli daging ayam di kios yang memperhatikan higienitas serta dilengkapi dengan fasilitas rantai dingin. Daging yang dingin dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur, selain itu daya simpannya bisa lebih lama.

"Banyak yang salah, mereka kira kalau ayam dingin itu tidak segar. Padahal ayam yang masih hangat itu rentan terkena bakteri dan daya simpannya juga tidak bisa terlalu lama, kalau rantai dingin bisa disimpan hingga 6 bulan," tutupnya.



(frp/frp)
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya