Rabu, 10 Okt 2018 07:06 WIB

Pengidap Low Vision Bisa Pakai Alat Bantu, Apa Sih Fungsinya?

Annissa Widya Davita - detikHealth
Penyandang low vision masih bisa melihat dengan menggunakan alat bantu (Foto: thinkstock) Penyandang low vision masih bisa melihat dengan menggunakan alat bantu (Foto: thinkstock)
Jakarta - Low vision, kondisi yang dialami Judoka Indonesia, Miftahul Jannah, merupakan salah satu faktor risiko terjadinya kebutaan. Selama masih bisa melihat, pengidap low vision masih bisa mengguakan alat bantu.

Low vision merupakan kondisi penglihatan yang sangat menurun. Dalam kondisi tersebut, dokter bisa memberikan low visual aids.

"Kalau di bawah low vision berarti tandanya perlu alat bantu, tapi kalau udah buta sudah tidak ada alat bantunya lagi," tutur dr Tjahjono, SpM, Dokter spesialis mata, kepada detikHealth, selasa (9/20/2018).



Dokter Tjahjono memaparkan ada beberapa pilihan alat bantu yang bisa digunakan orang yang mengidap low vision. Salah satunya adalah kacamata pembesar yang dapat membuat visual terlihat lebih besar dari kondisi normal.

"Kacamata pembesar, cctv yang digunakan untuk membaca, ada juga seperti handphone tapi bisa di perbesar di bagian layar. Alat ini yang membuat visual lebih terlihat besar dari kondisi normal," tambahnya.

Ia menyayangkan jika seseorang mengidap low vision tidak dibantu dengan alat bantu. Menurut dr Tjahjono, ini sama saja menurunkan tingkat produktivitas mereka.





Tonton juga 'Keren! Pelajar SMP Ciptakan Rompi Bantu Tunanetra':

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)
News Feed