Rabu, 10 Okt 2018 19:02 WIB

70 Persen Kanker Payudara Terdeteksi pada Stadium Lanjut

Annissa Widya Davita - detikHealth
70 persen kanker payudara terdeteksi pada stadium lanjut. Foto: Thinkstock 70 persen kanker payudara terdeteksi pada stadium lanjut. Foto: Thinkstock
Topik Hangat Bulan Kanker Payudara
Jakarta - Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) menyebut 70 persen kanker payudara ditemukan ketika sudah memasuki stadium lanjut. Ini menyebabkan jumlah kasus payudara terus meningkat.

"Bahkan WHO memperkirakan akan terjadi ledakan kanker payudara di negara berkembang di tahun 2030," tutur Linda Agum Gumelar, ketua YKPI, saat ditemui detikHealth, beberapa saat lalu.


Dokter ahli bedah kanker payudara, dr Rachmawati, SpB(K)Onk mengatakan kurangnya kesadaran diri merupakan salah satu sebab mengapa kebanyakan wanita ditemukan kanker payudara pada stadium lanjut.

"Bisa juga karena kurang kesadaran diri sendiri, maka dari itu kita harus melakukan SADARI (Periksa Payudara Sendiri)," tutur dokter Rachma.

Diperkirakan 90 persen penyebab kanker payudara adalah gaya hidup. Menurut dr Rachma, perempuan harus mewaspadai risikonya karena penyakit ini tidak cuma menyerang pada usia lanjut.

(Annissa Widya Davita/up)
Topik Hangat Bulan Kanker Payudara
News Feed