Sabtu, 13 Okt 2018 09:22 WIB

Waspada, Perut Sering Kembung Belum Tentu Akibat Masuk Angin

Nabilla Nufianty Putri - detikHealth
Foto: shutterstock
Jakarta - Perut sering merasa kembung memang membuat beraktivitas menjadi tidak nyaman karena terasa penuh dan kencang. Rasa kembung bisa terjadi karena ada gas yang dihasilkan oleh lambung dan usus akibat proses pencernaan makanan. Jadi perut kembung tidak hanya diakibatkan masuk angin.

Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr. Helmin Agustina Silalahi mengatakan kembung merupakan gejala umum yang ditemukan dalam semua gangguan saluran pencernaan, seperti sakit maag, infeksi usus, hingga diare.



Selain itu, kembung juga dapat terjadi akibat aerofagi atau secara tidak sadar menelan udara. Biasanya hal ini terjadi pada orang yang banyak berbicara atau gelisah atau cemas, terpapar pada lingkungan dan udara dingin, serta mengonsumsi makanan atau minuman yang banyak mengandung gas.

Oleh karena itu, pastikan makanan tercerna dengan baik agar perut terasa kembung. Makan banyak dan terburu-buru dalam waktu yang bersamaan juga bisa membuat perut terasa kembung. Begitu pula dengan mengonsumsi makanan berminyak atau yang mengandung gas dalam jumlah berlebih seperti kol, brokoli, apel, dan alpukat.

"Kol, brokoli, nangka, mengandung gas lebih tinggi dibanding makanan lainnya sehingga sebaiknya dihindari jika perut sudah kembung. Makanan berminyak lebih sulit dicerna dapat juga memicu gas lebih banyak," ujar dr. Helmin kepada detikHealth, Sabtu (29/9/2018).



Selain itu, perut kembung juga bisa terjadi karena gangguan enzim, penumpukan kotoran di usus, dan mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti obat diabetes golongan akarbose.

Untuk mengatasi perut kembung, gunakan bahan alami seperti jahe merah, kunyit, dan adas. Bahan-bahan herbal tersebut bisa memecah gas yang terbentuk di usus dan mencegah pembentukan gas yang baru.

Kandungan jahe merah, kunyit, dan adas bisa didapatkan pada Gazero yang turut dilengkapi enzim pencernaan bromaelin sehingga baik untuk pencernaan dan efektif mengatasi kembung (mul/mpr)