Sabtu, 13 Okt 2018 10:19 WIB

Tak Ada Riwayat dan Gaya Hidupnya Sehat, Kok Masih Bisa Kena Kanker Payudara?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Foto: iStock Foto: iStock
Topik Hangat Bulan Kanker Payudara
Jakarta - Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang masih ditakuti banyak wanita. Tidak memiliki riwayat genetika dan sudah berusaha hidup sehat tapi masih terkena kanker payudara juga, bagaimana bisa ya?

Dokter ahli bedah kanker payudara, dr Rachmawati, SpB(K)Onk, menjelaskan bahwa di luar dua faktor tersebut stres merupakan salah satu pemicu risiko kanker payudara juga, lho.


"Salah satu pemicunya adalah stres, bagaimana management stresnya. Contohnya seperti tekanan pekerjaan, atau masalah keluarga," tuturnya, kepada detikHealth, beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan jika seseorang sedang mengalami stres maka otomatis daya imun tubuh menurun, dan saat imunitas tubub drop maka seseorang akan berisiko tinggi terserang banyak penyakit, termasuk kanker payudara.

Gaya hidup berperan nyaris 90 persen dalam sebagai penyebab kanker payudara, sisanya baru riwayat genetik. Tidak memiliki riwayat genetika juga belum tentu sepenuhnya terbebas dari risiko terkena kanker payudara.

dr Rachma juga menambahkan, selain stres ada juga faktor lain yang bisa menyebabkan seorang wanita terkena kanker payudara. Yaitu jika seorang wanita meminum pil KB yang bisa memicu hormon ekstrogen secara lebih, tutupnya.



Tonton juga video Cerita Haru Rani Rani Si Penyintas Kanker Payudara

[Gambas:Video 20detik]

(frp/up)
Topik Hangat Bulan Kanker Payudara