Senin, 15 Okt 2018 06:46 WIB

Ingin Pasangan Cepat Hamil? Coba dengan Kopi Dua Cangkir Sehari

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Kandungan kafein dalam kopi berpengaruh pada kualitas sperma (Foto: thinkstock) Kandungan kafein dalam kopi berpengaruh pada kualitas sperma (Foto: thinkstock)
Jakarta - Ada banyak sekali faktor yang berpengaruh pada kualitas sperma yang dihasilkan seorang pria. Penelitian terbaru mengaitkannya dengan kafein, salah satu kandungan dalam kopi.

Temuan terbaru tersebut membantah anggapan selama ini bahwa kopi merusak kualitas sperma. Lewat analisis data dari 500 pasangan yang sedang berusaha untuk punya anak, didapat fakta baru bahwa asupan kopi pada pria dengan takaran tertentu justru meningkatkan peluang kehamilan.

Prof Sheena Lewis, pakar reproduksi dari Queen's University Belfast menyebut kopi berpengaruh pada dua senyawa dalam tubuh yakni adenosine triphosphate (ATP) dan guanosine triphosphate (GTP).

"Kafein mencegah senyawa tersebut pecah sehingga tersedia lebih banyak energi untuk sel, termasuk sperma, sehingga bisa berenang lebih cepat dan lebih jauh," jelasnya, dikutip dari Huffington Post.



Disebutkan, asupan kafein setara dengan dua cangkir kopi sehari bisa meningkatkan peluang membuahi pasangan hingga dua kali lipat.

Dalam penelitian yang dipresentasikan dalam Amerikan Society for Reproductive Medicine di Denver tersebut, para ilmuwan juga menemukan bahwa asupan alkohol pada perempuan mengurangi peluan hamil sebanyak 26 persen.






Tonton juga 'Makan Kacang Bisa Genjot Produksi Sperma':

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)
News Feed