Senin, 15 Okt 2018 15:12 WIB

Menteri Kesehatan Ajak Masyarakat Lakukan Upaya Pencegahan Kaki Gajah

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Menkes ajak masyarakat lakukan upaya pencegahan kaki gajah. Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth Menkes ajak masyarakat lakukan upaya pencegahan kaki gajah. Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth
Sorong - Bulan Eliminasi Kaki Gajah (BELKAGA) diperingati setiap bulan Oktober setiap tahunnnya. Kegiatan ini diselenggarakan untuk mewujudkan Indonesia Bebas Kaki Gajah atau Eliminasi Filariasis pada 2020.

Menteri Kesehatan RI, Prof Dr dr Nila Moeloek, SpM mengatakan Indonesia masih belum terbebas dari Filariasis. Hanya 6 provinsi di Indonesia yang bukan endemis dari penyakit ini.



"Masih banyak provinsi di Indonesia yang endemis Filariasis. Hanya ada 6 provinsi yang bukan daerah endemis, seperti DKI Jakarta, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Sulteng dan NTB," ujarnya pada Senin, (15/10/2018).

Menteri Kesehatan dan rekan-rekan dari Kementerian Kesehatan menyelenggarakan puncak acara BELKAGA yang ke empat di Alun Alun Aimas, Sorong, Papua Barat. Selain di Papua Barat, acaara ini juga akan dilaksanakan di 23 provinsi lainnya.

Pada kesempatan ini, Menkes juga memberikan apresiasi pada daerah yang telah berhasil mencapai status eliminasi kaki gajah seperti Kab. Bandung, Kab. Tangerang, Kab. Rote Ndao, dan Kab. Merauke.

"Penyakit ini masih menjadi masalah yang sangat serius di Indonesia. Diharapkan untuk daerah yang lain agar terus lakukan upaya pencegahan kaki gajah," tutupnya.






Tonton juga 'Waspada! Pencemaran Akibat Pembusukan Jenazah Korban Gempa':

[Gambas:Video 20detik]

(Khadijah Nur Azizah/fds)
News Feed