Senin, 15 Okt 2018 15:08 WIB

Bisa Ditiru, Cara Unik Titi Kamal Biasakan Cuci Tangan pada Anak

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Pasangan selebriti Titi Kamal dan Christian Sugiono (Foto: Frieda Isyana Putri) Pasangan selebriti Titi Kamal dan Christian Sugiono (Foto: Frieda Isyana Putri)
Jakarta - Anak-anak dapat menjadi agent of change alias agen perubahan dalam kesehatan, terutama jika orang tua mendidik mereka sejak kecil untuk terbiasa mencuci tangan dengan sabun. Tak terkecuali pasangan selebriti Titi Kamal dan Christian Sugiono.

Sebagai seorang ibu, tentunya menginginkan anak-anak selalu sehat dalam beraktivitas. Kegiatan Juna yang cukup banyak dan beragam seperti bermain bola basket, taekwondo atau ice skating, Titi Kamal selalu memastikan nutrisinya terpenuhi dan tentu saja selalu mencuci tangan.

Untuk membiasakan perilaku cuci tangan pakai sabun (CTPS) pada anak sulung mereka, Juna (5), Titi Kamal khususnya punya cara yang unik. "Aku ngasih taunya dengan cara yang fun, kayak aku beliin buku cerita gitu, yang edukasiin dia lah. Tapi dia seneng diceritain setiap malem. 'Oh gini ya, Ma?' gitu. Terus ada video juga," kata Titi saat konferensi pers Global Handwashing Day 2018 di SDN Rawa Barat 05, Jakarta Selatan, Senin (15/10/2018).



Titi menerapkan kebiasaan CTPS tidak hanya di rumah, namun juga ketika berads di tempat-tempat umum seperti di restoran. Selain mengajarkan pada anak, wanita berusia 36 tahun ini juga membiasakan dirinya mencuci tangan sebelum menyusui anak kedua, Kai, yang masih berusia sepuluh bulan dan sebelum menyuapi makanan.

Faktor kerjasama dengan suami juga sangat penting, dan Titi menyebut Tian sangat kooperatif dalam menanamkan kebiasaan tersebut. Bahkan saat sedang berlibur ke tempat yang cukup jauh dan memakan waktu lama plus tanpa pengasuh, pasangan ini selalu bahu-membahu saling menjaga kesehatan dan kebersihan.

"Kalau di keluarga kita sejak kita berdua jadi brand ambassador, kita jadi menyadari pentingnya cuci tangan pakai sabun. Dan ternyata kegiatan CTPS ini sangat sederhana namun bisa melindungi kita dan keluarga, memutus rantai kuman. Apalagi kita tahu sekarang bakteri, kuman itu macem-macem, aneh-aneh. Jadi kita selalu mengedukasi ke Juna, jadi begitu dia lihat sabun langsung cuci tangan," tutup Tian.





Tonton juga 'Cuci Tangan Setelah Main Squishy Wajib Hukumnya':

[Gambas:Video 20detik]

(frp/up)
News Feed