Rabu, 17 Okt 2018 16:53 WIB

Selfie Prabowo, Berikut Manfaat Bertingkah Lucu

Rosmha Widiyani - detikHealth
Foto: Fahri Hamzah selfie bareng Prabowo Subianto. (Dok Twitter Fahri Hamzah). Foto: Fahri Hamzah selfie bareng Prabowo Subianto. (Dok Twitter Fahri Hamzah).
Jakarta -
Calon Presiden RI Prabowo berulang tahun ke-67 hari ini, Rabu (17/10/2018). Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah memperingatinya dengan mengunggah selfie lucu bersama. Dua selfie tersebut diambil tahun 2015.

Dikutip dari NBC News, tidak semua orang mampu bertingkah lucu atau menertawakan diri sendiri. Kemampuan ini hanya dimiliki mereka yang punya keseimbangan dan kesehatan mental.

"Orang yang bisa tertawa sadar mereka bukan pusat perhatian alam semesta. Mereka tidak terlalu serius menanggapi peristiwa di sekitarnya, namun bukan berarti tak punya pertimbangan atau logika saat memutuskan sesuatu," kata pimpinan riset terkait manfaat bertingkah lucu dan menertawakan diri sendiri Ursula Beermann dari University of Innsbruck.



Riset tersebut juga mengungkap manfaat lain dari kemampuan bertingkah lucu. Ekspresi lucu mengundikasikan kemampuan menampilkan ekspresi asli tanpa ragu. Dalam jangka panjang, kemampuan ini berdampak baik untuk kesehatan jantung.

Tertawa juga mengindikasikan kemampuan menghadapi stres dan emosi lain dari lingkungan sekitar. Mereka yang bisa tertawa cenderung tidak mudah sakit hati dan tertekan. Hal ini mencegah serangan penyakit degeneratif misal diabetes, hipertensi, dan gangguan pencernaan sejak usia muda. Manfaat lain adalah, tertawa membantu mempertahankan kemampuan ingatan jangka pendek yang cenderung turun seiring usia.

(fds/fds)
News Feed