Jumat, 19 Okt 2018 18:47 WIB

Salut! 200 Penyandang Autisme Siap Bertanding di ASEAN Autism Games 2018

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Konferensi pers Asean Autism Games (AAG) 2018. Foto: Frieda Isyana Putri Konferensi pers Asean Autism Games (AAG) 2018. Foto: Frieda Isyana Putri
Jakarta - Siapa bilang menyandang autisme tidak bisa berprestasi dalam olahraga? Hampir 200 atlet akan bertanding di laga ASEAN Autism Games (AAG) 2018. Mereka akan berhadapan dengan para penyandang autisme dari negara-negara ASEAN lainnya, seperti Thailand, Filipina dan Myanmar.

Indonesia akan mengirimkan sebanyak 179 peserta akan unjuk kebolehan dalam cabang olahraga lari dan renang, serta beberapa permainan tradisional Indonesia seperti balap karung atau lomba balap kelereng. Di perhelatan AAG yang keempat kalinya ini juga akan diperkenalkan permainan baru seperti dodgebee dan thai boxing atau muay thai.

"Olahraga lari dan renang dipilih karena tidak ada rules (aturan) yang banyak. Mereka belum paham betul mengenai rules, coba bayangkan kalau misalnya mereka diminta main sepak bola, nanti yang ada mereka masukin gol ke gawang sendiri. Selain itu kami juga mempertimbangkan menambah bowling," tutur dr Melly Budhiman, SpKJ, presiden Yayasan Autisma Indonesia, pada konferensi pers AAG 2018 di kawasan Kuningan, Jumat (19/10/2018).


Beberapa dari mereka ada yang bukan atlet, dan ada yang telah berprestasi dalam dunia olahraga. Ada dua kategori, yakni kategori usia 11-15 tahun, dan 16 tahun hingga tak terhingga (usia berapapun). Tujuan utama dari AAG bukanlah kompetisinya, namun kebersamaan dan menunjukkan bahwa menyandang autisme juga mampu berkompetisi, terutama dalam bidang olahraga.

"ASEAN Autism Games akan memperlihatkan kepada semua orang bahwa orang autisme mampu berkompetisi dalam bidang olahraga. Dengan support dari keluarga dan komunitas. Semoga lebih bisa menghargai mereka," kata Dang Koe, ketua dari ASEAN Autism Network, yang juga menjadi salah satu penyelenggara.

Bertempat di GOR Soemantri, Jakarta Selatan, acara ini akan dilangsungkan pada tanggal 20-21 Oktober 2018.

(frp/up)
News Feed