Senin, 22 Okt 2018 13:25 WIB

Penyebab Panu, Penyakit Kulit yang Disebut-sebut Nikita Mirzani di IG

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Panu merupakan penyakit kulit yang menyebabkan rasa gatal bagi penderitanya. (Foto: iStock) Panu merupakan penyakit kulit yang menyebabkan rasa gatal bagi penderitanya. (Foto: iStock)
Jakarta - Setiap orang berpotensi terkena penyakit kulit. Salah satunya panu, yang belakangan sedang banyak dibicarakan karena disebut-sebut Nikita Mirzani dalam sebuah postingan di instagram.

Penyakit panu disebabkan oleh jamur malassezia furfur atau pityrosporum ovale yang pada tubuh. Pria, wanita, hingga anak-anak pun rentan terkena apabila mereka tidak menjaga kebersihan tubuhnya dengan baik.

Selain malas mandi atau membersihkan diri, terdapat beberapa faktor penyebab munculnya bercak putih atau kulit yang menjadi tanda berkembang biaknya jamur pada tubuh.



Dikutip dari Healthline, panu juga bisa menular ke satu orang ke orang lainnya. Jamur dan bakteri bisa dengan cepat berpindah ke berbagai tempat melalui perantara handuk atau pakaian dari seseorang yang mengidap panu.

Ternyata, jamur penyebab panu pun dapat ditemukan pada kulit yang sehat. Sejumlah faktor dapat memicu pertumbuhan ini, seperti:

- Cuaca panas dan lembab
- Kulit yang berminyak
- Perubahan hormonal
- Sistem kekebalan tubuh yang melemah

Normalnya, setiap orang memiliki jamur di kulit. Namun jika jamur tumbuh secara berlebihan akan timbul gejala seperti rasa gatal ketika berkeringat dan kulit berubah warna, tergantung dari pigmen penderita. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk selalu merawat dan menjaga kebersihan tubuh.






Tonton juga 'Penyebab Gatal di Selangkangan dan Pencegahannya':

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)
News Feed