Selasa, 23 Okt 2018 08:05 WIB

Kata Pedagang Buah Soal Isu Anggur Murah Berformalin

Firdaus Anwar - detikHealth
Beredar pesan berantai mengenai anggur yang diduga mengandung formalin. (Foto: Firdaus Anwar/detikHealth) Beredar pesan berantai mengenai anggur yang diduga mengandung formalin. (Foto: Firdaus Anwar/detikHealth)
Jakarta - Di internet beredar pesan berantai yang menyebut telah ditemukan produk buah anggur mengandung formalin. Pesan tersebut mengajak masyarakat agar hati-hati dalam membeli buah anggur terutama yang dijual murah di pinggir jalan karena diduga sudah tercemar oleh zat pengawet formalin.

"Jangan membeli anggur yang dijual murah di tepi jalan-jalan daerah yg baru datang secara tiba.anggur tersebut dikirim langsung dari cina yg mengandung pormalin dan itu sudah di confirm oleh dinas kesehatan kota jambi," tertulis pesan berantai yang diterima detikHealth.

Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Tetty Helfery memastikan bahwa anggur-anggur yang beredar saat ini aman konsumsi. Ia mengimbau agar masyarakat tidak mudah percaya pesan berantai yang belum pasti kebenarannya.

Dari sisi pedagang buah sendiri, ketika detikHealth mendatangi belasan pedagang buah kaki lima di Pasar Rebo, Jakarta Timur, tidak banyak yang tahu ada isu anggur berformalin tersebut. Pembeli tetap membeli anggur seperti biasa.

"Iya pernah denger (anggur formalin -red) waktu itu udah lama. Alhamdulillah enggak ada pengaruh apa-apa," ungkap salah satu pedagang, Siti Aminah, kepada detikHealth pada Senin (22/10/2018).

Aktivitas pedagang buah di Pasar ReboAktivitas pedagang buah di Pasar Rebo Foto: Firdaus Anwar/detikHealth




Pedagang lainnya Dika mengatakan anggur saat ini memang sedang dijual murah tapi bukan karena mengandung formalin. Menurutnya saat ini sedang musim anggur sehingga stok melimpah dan harga secara otomatis tertekan turun.

"Anggur lagi turun drastis dari harga (Rp) 70 ribu sekarang di pinggir jalan (Rp) 35 ribu. Memang dari sananya kaya gitu karena lagi musim banget," pungkas Dika.

Nah sekarang sudah tahu kan penjelasan di balik isu anggur berformalin, jangan cari alasan lagi ya untuk malas makan buah. Penuhi kebutuhan vitamin dan serat kamu dengan rajin makan buah-buahan dan sayuran.




Saksikan juga video 'Kenali Ciri-ciri Makanan Mengandung Formalin atau Boraks':

[Gambas:Video 20detik]

(fds/up)
News Feed