Selasa, 23 Okt 2018 15:35 WIB

Anggur Pinggir Jalan Kok Murah? Tenang, Itu Bukan karena Formalin

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Halaman 1 dari 5
detikHealth detikHealth
Jakarta - Sebuah pesan berantai menyebut ada kandungan formalin dalam anggur yang dijual di pinggir jalan. Oleh karenanya harganya bisa lebih murah dan tampak segar meski tidak disimpan di lemari pendingin. Benarkah?

Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Tetty Helfery Sihombing mengaku sudah berkoordinasi soal itu. Ia menyebut, secara alami buah-buahan memang menghasilkan formaldehide, nama resmi untuk senyawa formalin.

"Bukan hoax sih, tapi mereka mungkin hanya berasumsi, sebenarnya aman," sebut Tetty dalam wawancara dengan detikHealth beberapa waktu lalu.



Lalu kenapa harganya bisa lebih murah dan selalu tampak segar? Ketua Umum Asosiasi Eksportir Importir Buah dan Sayuran Segar Indonesia ( Aseibssindo), Khafid Sirotudin, membeberkan sejumlah alasan kenapa buah anggur yang dijual di pinggir jalan bisa lebih murah.

Salah satu alasannya adalah sedang terjadi over suplly anggur import dari China. Selengkapnya, berikut penjelasan Khafid saat dihubungi detikHealth, Selasa (23/10/2018). (up/wdw)
News Feed