Rabu, 24 Okt 2018 08:46 WIB

Orang Ini Klaim Sembuh dari Kanker Otak Berkat Diet Keto

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Diet keto diklaim mematikan tumor karena tidak mendapatkan energi dari karbohidrat. Foto: (dok. NIMHANS)
Jakarta - Kanker otak merupakan jenis kanker berbahaya yang sebabkan kematian. Tercatat sekitar 11.000 orang yang terdiagnosa kanker otak, 5.000 diantaranya meninggal dunia.

Adalah John Lawson, seorang chef dari Leigh-on-Sea, Inggris, yang didiagnosis mengidap kanker otak pada tahun 2015. Kecintaannya terhadap makanan membuat John menggunakan makanan sebagai 'media' penyembuh penyakit yang diidapnya.

Dikutip dari dailymail, John merasa pola makan yang ia rombak telah membantunya pulih sejak tumornya dioperasi pada 2015. Saat ini, dia mengikuti program diet keto, yakni mengurangi karbo dan memperbanyak lemak.

John saat ini hanya mengonsumsi makanan organik, mentega, minyak sayur, asupan yang kaya omega-3, ikan segar, dan buah-buahan seperti blueberry. "Ini adalah bagian besar dari pemulihan saya," ujarnya.



Terdapat beberapa cara untuk menyembuhkan kanker otak, seperti imununoterapi. Namun, terdapat beberapa sel kanker yang cenderung heterogen sehingga penanganannya harus lebih khusus.

Menurut Kevin O' Niell, ahli bedah saraf di Imperial Collage Healthcare London, perubahan gaya hidup seperti yang dilakukan oleh Jhon sangat membantu untuk meminimalisir dampak kanker otak. "Perubahan semacam itu mungkin sangat berguna bagi para penderita kanker otak," katanya dikutip dari Daily Mail.

Selama menjalani masa perawatan pasca operasi kanker, John mengaku mengalami beberapa kesulitan yang membuatnya sempat putus asa, bahkan ia tidak bisa berbicara dan mengenali keluarganya.

"Dokter mengatakan saya harus menjalani pola hidup sehat. Saya tidak pernah memikirkan tentang gizi sebelumnya, lalu saya membaca tentang diet ketogenik," ungkapnya.

Diet keto dianggap mampu mematikan tumor karena tidak mendapatkan energi dari karbohidrat. Program diet ini juga bisa mencegah pembesaran efek dari tumor otak.

Di restorannya, Food By John Lawson, ia menyajikan menu 'makanan otak' spesial yang disiapkan bersama Raymond Blanc, Ollie Dabbous, dan Robin Gill. Masing-masing akan menciptakan hidangan musiman yang bebas dari gluten, susu dan gula olahan, dengan bahan-bahan yang dianggap dapat membantu fungsi otak.






Tonton juga 'Tips Diet Simpel Tapi Ampuh Ala Lionel Messi':

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)