Rabu, 24 Okt 2018 19:28 WIB

Mengenal Cedera Engkel Seperti Dialami Bek Real Madrid Marcelo

Rosmha Widiyani - detikHealth
Bek Real Madrid Marcelo. Foto: Paul Hanna/Reuters
Jakarta - Real Madrid kehilangan bek kirinya Marcelo akibat cedera engkel, Rabu (24/10/2018). Dalam laga melawan Viktoria Plzen di Liga Champions tersebut, Marcelo mendapat tekel keras dari pemain lawan.

Cedera engkel sebetulnya berisiko terjadi pada siapa saja. Kondisi yang menyebabkan cedera misal menapakkan kaki pada daerah yang tidak rata, posisi kaki yang salah, atau tidak sengaja terinjak saat beraktivitas.

Dikutip dari Web MD, cedera engkel bisa sembuh dengan sendirinya. Bila bengkak tak kunjung sembuh setelah dua minggu, maka kemungkinan ada bagian lain yang terluka. Hal ini bisa tulang yang patah atau otot yang robek namun tidak ketahuan.


Cedera engkel mengharuskan pasiennya istirahat hingga bengkak di daerah pergelangan kempes. Daerah yang bengkak sebaiknya dikompres es dan dibungkus dengan perban khusus. Selain itu, daerah yang bengkak diangkat hingga lebih tinggi dari jantung.

Pasien biasanya tidak langsung bisa jalan tanpa merasa sakit. Namun setelah 5-7 hari bengkak dan sakit mulai hilang, sehingga pasien bisa mulai berjalan normal. Bila rasa sakit terasa sangat mengganggu, dokter biasanya menyarankan penggunaan tongjat atau meresepkan obat anti radang, misal acetaminophen.

(Rosmha Widiyani/up)