Jumat, 26 Okt 2018 12:45 WIB

Waduh! Main Smartphone Seminggu Non-stop, Ini yang Terjadi pada Jari Tangan

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi bermain smartphone non-stop. Foto: thinkstock Ilustrasi bermain smartphone non-stop. Foto: thinkstock
Jakarta - Kalau sudah main smartphone sambil tiduran rasanya sangat nyaman sehingga bisa berlama-lama memainkannya. Mungkin itu yang dilakukan seorang wanita asal Changsha, Tiongkok.

Wanita yang tidak disebutkan namanya itu selalu fokus pada smartphone-nya saat libur satu pekan dari pekerjaannya. Ia mengaku tidak keluar rumah, sehingga smartphone lah yang selalu menemani waktu istirahatnya itu.

Dikutip dari NextShark, wanita itu memainkan smartphone-nya selama seminggu non-stop, ia melepaskan smartphone-nya itu hanya saat terlelap tidur di malam hari.



Akhirnya, wanita itu merasakan sakit yang cukup parah pada tangan kanannya. Yang lebih parah, ia tidak mampu untuk menggerakkan jari-jarinya, sehingga jari tangannya tidak bisa berubah dari posisi memegang ponsel.

Dokter pun mendiagnosisnya dengan kondisi tenosinovitis, yaitu peradangan pada selubung tendon atau disebut sinovium. Dikutip dari Mayo Clinic, tenosinovitis ini terjadi karena aktivitas pada gerakan tangan atau pergelangan tangan yang berulang.

Gejalanya yaitu nyeri di dekat pangkal ibu jari, peradangan dekat dengan pangkal ibu jari, kesulitan mengegerakkan jempol dan pergelangan tangan, serta sensasi seperti ditusuk jarum.





Tonton juga 'Apa Itu Candu yang Bikin Lupa Diri?':

[Gambas:Video 20detik]

(wdw/up)
News Feed