Sabtu, 27 Okt 2018 14:01 WIB

Miss Grand International 2018 Pingsan, Mungkinkah Serangan Jantung?

Rosmha Widiyani - detikHealth
Pingsan merupakan salah satu gejala henti jantung mendadak. (Foto: thinkstock) Pingsan merupakan salah satu gejala henti jantung mendadak. (Foto: thinkstock)
Jakarta - Miss Paraguay Clara Sosa pingsan usai diumumkan sebagai pemenang dalam Miss Grand International 2018. Sesaat setelah pengumuman, Sosa pingsan hingga mengagetkan peserta dan seluruh tamu yang hadir dalam ajang kompetisi global tersebut.

Dalam pidato usai pemberian mahkota, Sosa mengatakan bahwa dirinya dalam kondisi baik meski seperti terkena serangan jantung. Dikutip dari Mayo Clinic, jatuh pingsan seperti Sosa merupakan salah satu gejala henti jantung mendadak (sudden cardiac arrest).



Tentunya, satu kali pingsan tak bisa begitu saja didiagnosis dengan adanya gangguan jantung. Perlu pemeriksaan dan analisis dokter untuk mengetahui kondisi sesungguhnya serta penanganan lebih lanjut. Namun, masyarakat harus waspada jika sering kali mengalami pingsan secara tiba-tiba.

Henti jantung merupakan kondisi kegawatan yang harus ditangani segera sebelum terjadi henti jantung (sudden cardiac death). Penanganan yang diberikan biasanya cardiopulmonary atau penggunaan alat stimulasi detak jantung (defibrillator). Memberi tekanan di dada juga bisa meningkatkan peluang hidup sebelum tim medis datang.

Tidak ada gejala khusus yang menandakan seseorang mengalami henti jantung. Selain pingsan, pasien juga mengalami pusing, lemah, sakit dada, deg-degan, napas pendek, dan muntah. Pasien henti jantung yang pingsan harus segera ditolong dalam waktu 4-6 menit, untuk mencegah kerusakan otak akibat kekurangan oksigen.

Henti jantung mendadak disebabkan irama jantung tak beraturan (arrhythmia). Kondisi ini berasal dari masalah dalam sistem elektronik jantung. Henti jantung biasanya menjadi tanda adanya gangguan dalam organ tersebut sebelumnya, misal pembesaran jantung dan masalah pembuluh darah.


Tonton juga video 'Pemenang Miss Grand International 2018 Pingsan di Panggung':

[Gambas:Video 20detik]

(wdw/wdw)
News Feed