Sabtu, 27 Okt 2018 16:18 WIB

Rentan Stres, Napi Wanita Juga Waspadai Kanker Payudara

Annissa Widya Davita - detikHealth
Edukasi kanker payudara di Lapas Perempuan IIA Tangerang. Foto: Annissa/detikHealth Edukasi kanker payudara di Lapas Perempuan IIA Tangerang. Foto: Annissa/detikHealth
Topik Hangat Bulan Kanker Payudara
Jakarta - Dengan ruang lingkup tidak luas, napi wanita rentan mengalami penurunan kesehatan mental, salah satunya rentan terhadap stres. Bukan hanya itu, kesehatan fisik pun bisa menurun.

Hal itu diungkapkan oleh Esra Manurung, seorang motivator wanita dari Allianz Langkah Kemenangan Grup. Ia pun memberikan edukasi pada para napi wanita di Lapas Perempuan IIA Tangerang agar lebih 'melek' terhadap kesehatan.

"Nah, mereka ini kan posisinya di penjara, pastinya gampang banget drop secara mental dan mengakibatkan drop secara fisik. Drop secara fisiklah yang memungkinka risiko kanker payudara menyerang," ujarnya kepada detikHealth saat ditemui di Lapas Perempuan IIA Tangerang, Sabtu (27/10/2018).



Para napi antusias belajar mengenai kanker payudara. Para napi antusias belajar mengenai kanker payudara. Foto: Annissa/detikHealth


Salah satu fokus Esra yaitu mengedukasi para napi wanita untuk lebih sadar akan bahayanya kanker payudara. Mengingat kanker payudara adalah salah satu kanker yang paling banyak diidap oleh wanita Indonesia.

"Tujuan kami ke lapas ini untuk bersilaturahmi dan memberikan literasi kesehatan tentunya," kata Esra.

Ia menambahkan, para wanita di lapas ini akan menjalani pemeriksaan kanker payudara secara gratis sebagai langkah untuk deteksi dini.




(wdw/wdw)
Topik Hangat Bulan Kanker Payudara
News Feed