Minggu, 28 Okt 2018 11:00 WIB

Sempat Bikin Akun Palsu di Medsos, Aktor Ini Bagikan Tips Agar Jiwa Sehat

Rosmha Widiyani - detikHealth
Sempat punya akun palsu, Ade Firman kini sudah bijak bermedia sosial. Foto: Rosmha Widiyani/detikHealth Sempat punya akun palsu, Ade Firman kini sudah bijak bermedia sosial. Foto: Rosmha Widiyani/detikHealth
Jakarta - Aktor Ade Firman Hakim ternyata pernah punya pengalaman 'sesat' di dunia media sosial. Pengalaman tersebut adalah sempat punya akun palsu (fake account) yang digunakan untuk membantu temannya yang dibully atau mengetahui aktivitas medsos orang lain (stalking).

Beruntung, Ade cepat sadar dengan segera menghapus akun palsu tersebut. Ade juga menyusun kembali prioritasnya dalam menggunakan medsos untuk menghindari kesalahan serupa. Penyusunan prioritas memungkinkan medsos memberi manfaat maksimal bagi penggunanya.

"Aku pilih medsos untuk kerja, jadi tidak lagi bikin akun palsu buat kepo atau bantu temen yang dibully. Kita harus tahu tujuan bermedsos supaya tidak tersesat dan ada manfaatnya untuk diri sendiri," kata nominasi Pemeran Pembantu Pria Terpuji Kategori Film di Festival Film Bandung 2017.


Penetapan tujuan juga memungkinkan Ade bermedsos dengan tenang dan tetap menjadi diri sendiri, termasuk saat menghadapi komen negatif. Ade memilih tidak langsung menanggapi komen tersebut. Dia memilih diam dan memastikan kesiapan mentalnya terlebih dulu sebelum menghadapi berbagai jenis komentar.

Bila memungkinkan, Ade tak segan mengajak pemberi komen buruk bertatap muka langsung. Komunikasi ini bisa menjelaskan dan menyelesaikan masalah yang muncul.

(Rosmha Widiyani/ask)
News Feed