Minggu, 28 Okt 2018 18:32 WIB

Jelang Laga Timnas U-19, Begini Pola Makan Sehat Warga Jepang

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi pola makan warga Jepang. Foto: iStock Ilustrasi pola makan warga Jepang. Foto: iStock
Jakarta - Timnas U-19 akan berlaga melawan Jepang dalam laga yang disebut gerbang neraka pada Minggu (28/09/2018). Indonesia optimis bisa memenangkan laga tersebut, meski Jepang bukan lawan yang mudah.

Selain dikenal sebagai bangsa yang disiplin, Jepang juga melaksanakan kebiasaan sehat setiap hari. Salah satunya pola makan yang telah dibentuk sejak anak-anak. Bangsa Jepang menganut prinsip hara hachi bu, yang berarti makan hingga merasa kenyang 80 persen.

"Pola diet warga Jepang didominasi bahan pangan segar dengan bumbu secukupnya. Kebiasaan ini terbukti sehat untuk warganya yang masih anak-anak hingga lansia," kata terapis gizi Nicola Shubrook.


Dikutip dari BBC Good Food, warga Jepang juga percaya flexible restraint terkait makanan besar dan kecil. Makanan berbagai jenis bisa terus dinikmati namun dalam porsi terbatas. Pola makan sehari-hari di negara tersebut kaya sayur dan gandum, dengan konsumsi produk berbahan susu seminimal mungkin.

Orang Jepang rutin mengonsumsi seafood dalam kondisi matang atau mentah, yang diolah dengan bumbu berbahan kedelai. Jepang juga mengonsumsi kedelai terfermentasi dalam bentuk miso atau natto. Bahan lain yang tak ketinggalan adalah rumput laut dan teh hijau.

Pola makan tersebut terbukti mampu menekan risiko terkena gangguan kardiovaskular, diabetes, kanker, dan radang sendi. Warga Jepang juga memiliki rata-rata pengidap obesitas terendah di dunia untuk pria dan wanita. Kecukupan mineral terjamin dengan konsumsi rumput laut sebagai makanan utama, serta aneka buah dalam hidangan penutup.

(Rosmha Widiyani/Khadijah Nur Azizah)