Selasa, 30 Okt 2018 15:13 WIB

Tahukah Kamu Kalau Rokok Juga Mengandung Gula Tambahan?

Firdaus Anwar - detikHealth
Rasa manis pada rokok datang dari gula tambahan. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Informasi kandungan gula biasa ditemukan di produk pangan. Tapi tahukah kamu kalau di dalam rokok juga ada tambahan gula yang bisa membuatnya semakin beracun.

Sayangnya menurut studi terbaru hanya sedikit perokok yang mengetahui hal tersebut. Peneliti menyebut dari sekitar 4.350 perokok yang disurvei hanya 5,5 persen yang tahu bahwa rokok mengandung gula tambahan dan lebih sedikit lagi 3,8 persen yang tahu kalau gula membuat rokok semakin beracun.



"Pengetahuan adalah kekuatan dan jelas di sini ada kesenjangan kesadaran," kata pemimpin studi Andrew Seidenberg dari University of North Carolina seperti dikutip dari Reuters, Selasa (30/10/2018).

Gula atau madu biasanya ditambahkan pada rokok untuk menutupi rasa tembakau yang pahit sehingga asap lebih mudah dihirup. Bersamaan dengan hal tersebut gula juga akan semakin membuat orang mudah kecanduan.

"Kami cukup terkejut ketika tahu ternyata hampir semua perokok yang kami survei tidak tahu kalau gula ada di dalam rokok mereka," lanjut Andrew.

Studi ini telah dipublikasi di jurnal Nicotine and Tobacco Research, kedepannya peneliti ingin membuat kampanye tentang gula tambahan pada rokok. Harapannya dengan demikian publik semakin tahu dan punya lebih banyak pertimbangan untuk berhenti atau tidak memulai merokok.






Tonton juga 'Cara Jauhkan Rokok dari Anak':

[Gambas:Video 20detik]

(fds/up)