Selasa, 30 Okt 2018 16:15 WIB

Usai Melahirkan Mata Minus Bisa Normal Kembali? Ini Jawaban Dokter

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Hamil dan melahirkan tidak berpengaruh pada fungsi mata (Foto: iStock) Hamil dan melahirkan tidak berpengaruh pada fungsi mata (Foto: iStock)
Jakarta - Sudah sering dengar bahwa melahirkan bisa membantu mata orang yang mengalami minus menjadi kembali normal? Dari desas desus di kalangan pertemanan, isu ini masih banyak dipercaya orang nih. Tapi benar tidak sih sebenarnya?

Nah, dr Rina La Distia Nora, SpM(K), PhD, dari Persatuan Spesialis Dokter Mata Indonesia (PERDAMI), Selasa (30/10/2018), menjelaskan hal ini kepada rekan-rekan media. Menurutnya, ini sama sekali tidak ada kaitannya.

"Kalau secara medis mata minus krn bola mata memanjang atau lensanya mencembung terus-terusan, jadi kalau bawaan tubuh matanya makin memanjang ya enggak membantu sih sebenarnya," jelas staf medis di bagian infeksi dan Imunologi Departemen Medis Mata Universitas Indonesia - Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Kirana tersebut.



Masih menurut penjelasan dr Rina, ia belum tahu secara pasti mengapa mitos ini bisa berkembang tapi mungkin saja ini disebabkan oleh keadaan preeklampsia yang dialami wanita selama masa kehamilan yang memang bisa menyebabkan gangguan pada penglihatan. Preeklampsia adalah suatu masalah yang timbul setelah usia kehamilan mencapai 20 minggu, salah satu gejalanya ada tekanan darah tinggi atau hipertensi.


"Kadang orang-orang yang melahirkan itu retinanya kan maju, jadi kesannya kayak selesai padahal masalahnya belum selesai. Ada masalah lainnya, kadang-kadang itu disebabkan oleh yang namanya preeklamsi. Kalau sudah melahirkan kan preeklampsinya selesai," ungkap dr Rina.

(ask/up)