Rabu, 31 Okt 2018 11:57 WIB

Gwyneth Paltrow Masukkan Telur Giok ke Dalam Vagina, Apa Fungsinya?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Memasukkan telur giok ke dalam vagina seperti Gwyneth Platrow, apa fungsinya? Foto: ilustrasi/thinkstock Memasukkan telur giok ke dalam vagina seperti Gwyneth Platrow, apa fungsinya? Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Gwyneth Paltrow, wanita multijutawan ini kerap membuat sensasi tersendiri di situs pribadi tentang kesehatan dan kecantikannya, Goop. Baru beberapa waktu lalu ia mempromosikan penguapan vagina atau vaginal steaming, kini ia datang dengan sensasi baru: memasukkan telur giok utuh ke dalam vagina seharian atau saat tidur.

Dijual dengan harga 66 USD atau sekitar satu juta rupiah sebutirnya, telur giok ini diluncurkan pada 2017 lalu. Telur yang diberi nama Rose Quartz Egg dan Jade Egg ini diklaim merupakan salah satu praktik tradisional kuno para ratu di China untuk memuaskan raja, meningkatkan orgasme dan gerak otot vagina, keseimbangan hormon dan energi feminin secara umum, tulis artikel bertajuk Better Sex: Jade Eggs for Your Yoni di situs tersebut.

Shiva Rose, seorang aktris dan ahli kecantikan yang ditampilkan dalam sebuah wawancara di artikel tersebut, mengaku telah menggunakan telur giok selama bertahun-tahun. Ia menyebut telur giok tak hanya meningkatkan libido dan ginjal, namun juga penampilan fisik. Telur giok baginya adalah benda yang 'manjur' untuk 'menyingkirkan aura negatif dan membersihkan aura'.


"Dan, ini yang paling aneh, aku kadang merasa orang lebih tertarik pada kita saat 'membawa' si telur giok. Anakku yang berusia 20 tahun pernah becanda soal itu saat kita jalan bareng dan dia bertanya, 'Mama, kamu pakai telur giok ya?'" katanya, dikutip dari The Washington Post.

Beberapa ahli, dokter, dan ginekolog membantah klaim-klaim tersebut. Beberapa di antarnya mengatakan hal ini adalah omong kosong dan justru berpotensi menyebabkan penyakit, misalnya infeksi akibat bakteri pada vagina.

"Belum ada studi atau bukti yang menunjukkan bahwa telur giok membantu orgasme, otot vagina atau keseimbangan hormon. Giok tak mempengaruhi perubahan hormon walau dimasukkan ke dalam vagina," ungkap Dr Leena Nathan, seorang ahli obsgyn di UCLA Health, dikutip dari Fox News.

Telur-telur 'ajaib' tersebut dilaporkan sudah habis alias sold out. Namun pihak Goop harus membayar denda sejumlah 145 ribu USD atau setara dua miliar rupiah kepada Satgas Gizi, Obat dan Kesehatan California akibat klaim mereka yang tidak memiliki latar belakang ilmiah yang kompeten dan terpercaya. Goop ke depannya juga dilarang membuat klaim produk tidak berdasar dan memproduksi atau menjual perangkat medis yang misbranded, tidak disetujui atau dipalsukan.





Tonton juga 'Perifit, Aplikasi untuk Bantu Perkuat Otot Vagina':

[Gambas:Video 20detik]

(frp/up)
News Feed