Kamis, 01 Nov 2018 07:21 WIB

Hipertensi Bikin Minus Mata Bertambah?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Benar nggak sih hipertensi sebabkan mata minus? Foto: Thinkstock Benar nggak sih hipertensi sebabkan mata minus? Foto: Thinkstock
Jakarta - Pernah dengar bahwa tekanan darah yang tinggi atau hipertensi bisa memicu bertambahnya minus pada mata? Tapi memangnya kebenarannya seperti itu ya?

Daripada asal tebak sendiri, yuk kita tanya dr Rina La Distia Nora, SpM(K), PhD, dari Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI). Menurutnya hipertensi yang tidak terkontrol memang bisa saja mengakibatkan gangguan pada penglihatan. Sebab, hipertensi adalah penyakit yang ada kaitannya dengan pembuluh darah.

"Hipertensi kalau secara patofisiologi, itu di pembuluh darah ya. Jadi orang yang tekanan darah tinggi pembuluh darahnya itu cenderung kaku-kaku. Di retina ada banyak pembuluh darah," jelas dr Rina.


Ketika hipertensi tidak terkontrol, ada ancaman penyakit yang namanya retinopati hipertensi yang dapat mengganggu retina. Akan tetapi ia menegaskan ini tidak ada hubungannya dengan mata minus.

"Jadi retinopati hipertensi itu ada gradingnya (tingkatannya). Semakin berat itu semakin besar mengganggu penglihatan karena yang kena saraf matanya," tutupnya.

(ask/up)