Kamis, 01 Nov 2018 08:12 WIB

Ini Bahayanya Masukkan Telur Giok ke Miss V Seperti Gwyneth Paltrow

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ups, masukkan telur giok ke dalam miss V berbahaya lho! Foto: thinkstock Ups, masukkan telur giok ke dalam miss V berbahaya lho! Foto: thinkstock
Jakarta - Selebriti Gwyneth Paltrow terkenal akan tips gaya hidupnya yang cukup kontroversial yang ia tuangkan di situs resminya, Goop. Beberapa waktu lalu, ia menghebohkan wanita di seantero dunia tentang sebuah telur giok yang dijual seharga 66 USD atau sekitar satu juta rupiah, yang diklaim dapat membantu kesehatan vagina dan meningkatkan seksualitas apabila dimasukkan ke dalam miss V alias vagina.

Memasukkan telur giok ke dalam vagina disebut sebagai salah satu praktik tradisional kuno para ratu dan selir di China untuk memuaskan raja, meningkatkan orgasme dan gerak otot vagina, keseimbangan hormon dan energi femininitas secara umum. Akan tetapi, beberapa ahli, dokter, dan ginekolog membantah klaim-klaim tersebut, termasuk juga spesialis kulit dan kelamin, dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK yang menyebut praktik ini berbahaya dari sisi medis.

"Tidak ada studi medis terkait telur giok dengan pengaturan hormon. Tentu saja (ada bahayanya), ini seperti memasukkan sesuatu yg asing ke dalam tubuh kita dan mendiamkannya seharian tentu akan berdampak tidak baik untuk tubuh, terutama organ intim. Vaginosis bakterial dapat terjadi. Dari kacamata medis, lebih membahayakan daripada menguntungkan," kata dr Darma, sapaannya, kepada detikHealth melalui pesan singkat, Rabu (31/10/2018).


Selain itu, ia melanjutkan, dengan adanya benda asing pada vagina akan merangsang kontraksi pada vagina, sehingga akan berdampak buruk bagi kesehatan vagina, terutama otot-otot pelvis. Infeksi dan vaginosis bakterial juga bisa terjadi apabila telur giok tersebut tidak dibersihkan dan disterilisasi secara baik, sehingga justru membawa bakteri atau virus ke dalam vagina.

September lalu, pihak Goop harus membayar denda sejumlah 145 ribu USD atau setara dua miliar rupiah kepada Satgas Gizi, Obat dan Kesehatan California akibat klaim mereka yang tidak memiliki latar belakang ilmiah yang kompeten dan terpercaya. Goop ke depannya juga dilarang membuat klaim produk tidak berdasar dan memproduksi atau menjual perangkat medis yang misbranded, tidak disetujui atau dipalsukan.

"Sebaiknya jangan mudah ikut-ikutan melalukan sesuatu yang belum terbukti secara medis. Apabila ada hal-hal baru walaupun terlihat meyakinkan, sebaiknya konsultasikan ke dokter sebelum melakukannya. Karena kadang sesuatu yang berhasil pada satu orang, belum tentu berhasil pada orang lain, bahkan bisa membahayakan," pungkas dokter yang sehari-hari praktik di D&I Skin Centre Denpasar ini.

Simak Juga 'Perawatan Miss V ala Seleb Cantik Hollywood':

[Gambas:Video 20detik]

(frp/up)
News Feed